Pemkab Jembrana Kembali Serahkan Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Berprestasi

 

Balinetizen.com, Jembrana 

Pemkab Jembrana kembali mengucurkan bantuan beasiswa mahasiwa berprestasi pada periode kedua (Juli-Desember) tahun 2019, Sabtu ( 21/12) , di Gor Krisna Jvara. Beasiswa diberikan secara simbolis oleh Bupati Jembrana I Putu Artha didampingi Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan. Pada periode II ini Pemkab Jembrana mengucurkan anggaran Rp. 2.397.000.000, dengan total Rp. 4.794.000.000, untuk periode I dan II tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrga Jembrana , Ni Nengah Wartini mengatakan, dari jumlah pemohon sebanyak 806 orang yang memenuhi persyaratan, 799 mahasiswa dinyatakan lulus seleksi sesuai seleksi perangkingan nilai IPK dan semester yang telah ditetapkan bagi penerima beasiswa periode II (juli-desember). “Seleksi kembali dilakukan melalui perangkingan karena jumlah mahasiswa yang memenuhi persyaratan melebihi kuota anggaran yang disediakan. Sehingga ditetapkan pada periode ini sebanyak 799 orang mahasiwa Jembrana yang menerima beasiswa, berasal dari PTN maupun Perguruan Tinggi Swata yang telah terakreditasi A pada jenjang Diploma III, Diploma IV dan Strata I. Masing-masing penerima berhak atas bantuan uang pendidikan sebesar Rp. 3.000.000/semester” ujar Wartini.

Ditambahkannya, nilai IPK rata – rata di periode II ini mereka yang menembus IPK di atas 3,50 (cumlaude) sebanyak 649 orang, yang mana dari periode sebelumnya sebanyak 752 orang. Sedangkan yang mendapatkan IPK 3,00 – 3,50 sebanyak 150 orang yang mana pada periode sebelumnya berjumlah 47 orang. “Hal ini tentu sesuai harapan yang salah satunya guna mendorong prestasi belajar mahasiswa Jembrana,”ujar Wartini.

Terkait dengan mekanisme pengajuan beasiswa, Wartini menjelaskan seluruh pencairan berdasarkan aturan dan mekanisme yang ditetapkan. Pada periode II telah diterapkan sistem SIBAJA. “Sistem Informasi Beasiswa Jembrana ( SIBAJA ) merupakan pengembangan sistem pencairan beasiswa berbasis online guna mempermudah mekanisme pencairan. Selain itu sistem ini juga memperluas kesempatan penerima beasiswa , khususnya mereka yang kuliah diluar daerah , untuk mempermudah melengkapi dan mengupload berbagai kelengkapan serta persyaratan yang harus dipenuhi” ujarnya.

Baca Juga :
Wagub Cok Ace: Era Disrupsi, Ekonomi Digital Kedepankan Pasar dan Bakat

Bupati Jembrana I Putu Artha dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pemberian beasiswa bagi pemuda kabupaten Jembrana yang berprestasi adalah salah satu bentuk pengakuan atas prestasi para pemuda dalam menuntut ilmu pada jenjang pendidikan tinggi. Hal tersebut diharapkan dapat membantu meringankan beban yang ada serta meningkatkan motivasi untuk dapat bersaing dengan mahasiswa daerah lainnya.

Dengan diberikannya beasiswa ini, lanjut Artha bentuk stimulus kepercayaan diri bahwa Pemkab Jembrana berkomitmen membangun masyarakat Jembrana lebih baik lagi. “Selamat atas prestasi pencapaian IPK yang diharapkan, semoga pemberian beasiswa ini mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sebagai timbal balik diharapkan para pemuda Jembrana bisa menjadi pemuda yang mandiri, produktif dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Jembrana kedepan” tungkas Artha.

Sementara salah satu penerima beasiswa, Komang alit mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah kabupaten Jembrana atas beasiswa yang diberikan. Menurutnya pemberian beasiswa tersebut sangat berguna terutama bagi perekonomiannya kurang. “Harapan saya program beasiswa berprestasi ini dapat terus berlanjut kedepannya” ungkap mahasiswa UNUD fakultas kedokteran tersebut. Hal senada juga disampaikan mahasiswi politeknik Pariwisata Bali, Putu Savitri Parashanti yang mengungkapkan program beasiswa berprestasi ini merupakan program yang bagus dalam mendukung dan mendorong mahasiswa untuk terus berprestasi dengan meraih IPK tinggi. “Beasiswa yang diberikan sangatlah bermanfaat, ini bisa mendorong kita untuk lebih berprestasi” ungkap Savitri.(Humas Pemkab Jembrana)

Leave a Comment

Your email address will not be published.