Tepat Hari Natal, SDN 3 Patas Ludes Terbakar

Tepat Hari Natal, SDN 3 Patas Ludes Terbakar

Balinetizen.com, Buleleng
Kebakaran hebat melanda gedung sekolah SDN 3 Patas bertempat di Banjar Dinas Yeh Panas, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng Bali pada Rabu, 25 Desember 2019 sekitar Pukul 09.30 Wita.

Gedung sekolah berukuran 30 x 7 meter berdindingkan tembok permanen, beratapkan genteng dengan plafon gedeg yang berlantaikan keramik ini ludes dilalap sijago merah dengan rincian 1 ruang guru dan 3 ruang kelas mengalami kebakaran secara keseluruhan. Tak pelak dengan kejadian ini, seluruh isi gedung sekolah terbakar antara lain 1 unit komputer dan 2 printer, 1 set Sofa, 8 meja guru dan 8 kursi, 3 kipas angin, 1 Dispenser dan surat surat penting yg berada di ruang guru.
60 set meja dan kursi siswa, 3 papan tulis, 3 set meja dan kursi guru yang berada di 3 ruang kelas.

Kronologis peristiwa kebakaran yang terjadi Pada hari Rabu tgl 25 Desember 2019 jam 09.30 wita

Dari keterangan saksi Made Suluh Jaya beserta saksi Ketut Widana Utama, kronologis kebakaran berawal dari kedua saksi ini melihat kepulan asap dari gedung Sekolah Dasar Negeri 3 Patas. Selanjutnya kedua saksi mendatangi lokasi asap tersebut. Sesampainya dilokasi kebakaran dilihat kobaran api sudah membesar pada atap sebelah timur bangunan sekolah. Dengan adanya hal ini, saksi Made Suluh Jaya berusaha memadamkan api menggunakan selang air yang ada di sekolah. Sedangkan saksi Ketut Widana Utama mendobrak pintu ruangan kelas disebelah barat bangunan yang terbakar untuk memutus sambungan kabel listrik yang menghubungkan kedua gedung tersebut, guna mencegah agar api tidak menjalar kegedung gedung lainnya. Beberapa saat kemudian banyak masyarakat datang membantu memadamkan api. Namun api sudah besar, sehingga api tidak bisa dipadamkan. Akibatnya seluruh bangunan gedung terdiri dari satu ruang guru dan tiga ruang kelas beserta isinya ludes terbakar.

Baca Juga :
Kasus Melandai, Hari Ini Sebanyak 412 Orang Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar, Kasus Positif Bertambah 159 Orang

Api baru bisa dipadamkan pada Pukul 11.30 Wita oleh 4 unit Damkar diantaranya 2 Damkar milik PLTU Celukan Bawang, 1 Damkar milik Pelindo dan 1 unit Damkar pos Seririt.

Kasubag Humas Polres Buleleng Iptu Sumarjaya seijin Kapolres Buleleng membenarkan adanya kebakaran yang melanda SDN 3 Patas.”Penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan Polsek Gerokgak” ujarnya.
Iapun menyebutkan tindakan kepolisian dalam hal menangani kebakaran ini yakni mengamankan TKP, mengumpulkan bahan keterangan di TKP sebagai bahan dalam proses lidik.”Kerugian ditaksir sementara sekitar Rp. 450 juta.” tandasnya.

Sebagai korban atas perisiwa kebakaran ini yakni Nyoman Sudarmi, S.Pd yang merupakan Plt. Kepala Sekolah SDN 3 Patas beralamat di Banjar Dinas Yeh Panas, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng.

Sedangkan para saksi yang melihat awal kejadian kebakaran diantaranya Made Suluh Jaya (51) beralamat Banjar Dinas Yeh Panas Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng dan Ketut Widana Utama (48) seorang PNS yang beralamat di Banjar Dinas Mekar Sari, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. GS

Leave a Comment

Your email address will not be published.