KKKS Klungkung Ajak Para Lansia Tirtayatra ke Pura Pucak Bukit Sinunggal

Balinetizen.com, Klungkung

Di penghujung Tahun 2019 Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (KKKS) Kabupaten Klungkung mengajak puluhan warga lanjut usia (Lansia) mengikuti persembahyangan bersama (Tirtayatra), Sabtu (28/12/2019) Siang. Kegiatan ini sebagai salah satu program kerja KKKS Kabupaten Klungkung dibidang pemberdayaan Lansia. Tirtayatra ini dilaksanakan yakni di Pura Bukit Pucak Sinunggal, Desa Pakraman Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng.

Para lansia yang mengikuti kegiatan ini berasal dari Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Desa Manduang, Kecamatan Klungkung dan Desa Getakan, Kecamatan Banjarangkan dengan masing-masing didampingi pengurus PKK Desa. Ketiga desa ini merupakan desa yang mengikuti lomba desa tingkat Kabupaten Klungkung tahun 2018 lalu.

Ketua KKKS Kabupaten Klungkung, Ny. Ayu Suwirta menyampaikan kegiatan ini merupakan program rutin KKKS Kabupaten Klungkung yang dilaksanakan setiap tahun sebagai program pemberdayaan warga lansia. Kegiatan ini juga sebagai reward (penghargaan) kepada para Lansia desa yang ikut dalam lomba desa tingkat Kabupaten tahun 2018. “Ini merupakan program rutin sebagai bagian dari pemberdayaan Lansia,” ujar Ayu Suwirta yang juga Ketua TP. PKK Kabupaten Klungkung ini.

Lebih lanjut, Ny. Ayu Suwirta menambahkan lansia peserta tirtayatra ini berasal dari Desa-desa antara lain yakni Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Desa Manduang, Kecamatan Klungkung dan Desa Getakan, Kecamatan Banjarangkan. Selain tirtayatra, dalam program kegiatan sosial lainnya, KKKS Kabupaten Klungkung juga melakukan pemberian paket sembako kepada lansia yang diserahkan saat kegiatan bedah desa bersama Bupati Klungkung. “Semoga dengan kegiatan tirtayarta ini kita selalu diberikan kesehatan dan keselamatan,” harapnya.

Sejumlah lansia mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Menurut salah satu peserta, Ni Wayan Darti selain bisa mengikuti persembahyangan bersama, melalui kegiatan ini juga menjadi ajang kumpul dan temu sapa sesama Lansia. “Kami merasa senang karena sudah diperhatikan oleh Pemerintah, semoga lain waktu bisa mengikuti kegiatan seperti ini lagi,” ucapnya.

Baca Juga :
Pemkab Tabanan Dukung Penuh Percepatan Penanganan Sampah Sarbagita, Provinsi Bali

Program tirtayatra dengan persembahyangan bersama ini berlangsung hikmad. Persembahyangan dipimpin Jero Mangku masing-masing pura tersebut. (Humasklk/puspa).

Leave a Comment

Your email address will not be published.