Malam Tahun Baru, Dinas Perhubungan Terjunkan 40 Personil

Avatar

 

Jembrana (Metrobali.com)-

Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan Pemkab Jembrana akan melakukan rekayasa arus lalu-lintas saat pergantian malam tahun, Selasa (31/12) malam.

Perayaan pergantian malam tahun baru di Kabupaten Jembrana akan di pusatkan di Gedung Kesenian DR. Ir. Soekarno di Jalan Sudirman, Kota Negara.

Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan pada Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan Pemkab Jembrana, Anak Agung Oka Diputra mengatakan, pihaknya akan melakukan rekayasa arus lalu lintas sebagai upaya untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada warga yang merayakan pergantian malam tahun baru.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya perayaan malam tahun baru akan dipusatkan di Gedung Kesenian Bung Karno” ujar Gus Oka saat dikonfirmasi, Senin (30/12).

Kegiatan lanjutnya, diawali dengan jalan sehat atau jalan santai, pada Selasa (31/12) pagi. Saat kegiatan ini (jalan sehat) tidak dilakukan penutupan atau pengalihan arus karena peserta jalan sehat tidak melalui ruas jalan nasional Denpasar-Gilimanuk.

Pengalihan arus sambungnya, akan dilakukan memasuki malam saat hiburan seperti band dimulai. Itu pun jika terjadi kepadatan di Jalan Jendral Sudirman yang dapat mengganggu keselamatan warga yang akan ke Gedung Kesenian Bung Karno.

“Nanti tergantung situasi di lapangan. Rencananya memang Jalan Sudirman akan ditutup satu arah. Tapi kalau over, kemungkinan ditutup dua arah. Kendaraan kita dialihkan ke Jalan Ngurah Rai” terangnya.

Kendaraan dari arah Timur (Denpasar) memasuki persimpangan Batuagung akan dialihkan ke Selatan, sedangkan dari arah Barat (Gilimanuk) dialihkan menuju Jalan DR Sutomo menuju Jalan Gatot Subroto untuk selanjutnya ke Jalan Ngurah Rai.

Beberapa ruas jalan kata Gus Oka juga akan ditutup untuk digunakan sebagai kantong parkir. Seperti ruas Jalan Hasanudin dilajur Timur, Jalan Kartini dan Jalan Surapati areal Kantor Bupati Jembrana, selain areal Parkir Kebun Raya Jagatnatha.

Baca Juga :
Pasar Umum Sukawati Akan di Revitalisasi, Lokasi Relokasi Pedagang Mulai Disiapkan

“Malam tahun baru besok kami akan terjunkan 40 personil. Mereka tersebar dibeberapa titik” ujarnya.

Sementara itu Kanit Patroli Sat Lantas Polres Jembrana, Iptu I Nyoman Yasa mengatakan pada perayaan malam tahun baru pihaknya tidak akan memperkenankan eufhoria berlebihan dengan berkonvoi mengendarai sepeda motor di jalan raya.

“Volume keramaian besok pasti meningkat. Untuk itu kami akan menindak tegas pengguna jalan yang melanggar” ujarnya.

Penindakan juga akan dilakukan terhadap pengendara motor yang ugal-ugalan dan kendaraan yang tidak memenuhi spesifikasi standar seperti menggunakan knalpot bronk. Karena dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan dalam berlalu lintas. (Komang Tole).

Leave a Comment

Your email address will not be published.