BMKG Prediksi Curah Hujan di Jembrana Dari Sedang Hingga Lebat

Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengamati arah angin melalui monitor di kantor BMKG Banyuwangi, Jawa Timur, 29 November 2017.
Balinetizen.com, Jembrana-
BMKG memprediksi curah hujan di wilayah Bali Barat masih dalam intensitas sedang hingga lebat.
Kepala Seksi Observasi Satsiun Klimatologi Negara, Agit Setyoko, Kamis (2/1) mengatakan setelah sempat mundur sebulan, sejak akhir Desember 2019 cuaca di wilayah Bali Barat termasuk Jembrana sudah mulai memasuki musim penghujan. Namun curah hujan di wilayah Jembrana diprediksi masih dalam intensitas sedang hingga lebat.
“Untuk sedang indikatornya dalam 24 jam intensitasnya 20 sampai 50 mm. Kalau lebat dari 50 hingga 100 mm. Durasinya tidak lebih dari empat jam” jelasnya.
Menurutnya, berdasarkan pemantauan satelit cuaca di wilayah Bali Barat belum berpotensi hujan ektrem seperti di sejumlah wilayah di Indonesia. Sementara curah hujan dalam sepuluh hari kedepan diprediksi akan semakin meningkat.
“Karena musim penghujan mundur, diprediksi puncak musim penghujan akan terjadi pada Februari sampai Maret dan bulan April mulai peralihan ke musim kemarau” ungkapnya.
Sementara itu Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Jembrana, I Ketut Eko Susila Artha Permana mengatakan memasuki musim penghujan yang perlu diwaspadai adalah bencana tanah longsor. Karena kondisi tanah setelah kemarau panjang akan labil dan mudah tergerus ketika hujan turun.
“Biasanya terjadi di beberapa desa terutama di wilayah utara yang kondisinya memang terjal sehingga rawan tanah longsor” jelas Eko, Kamis (2/1).
Bencana lainnya adalah banjir dibeberapa permukiman warga yang diakibatkan luapan air dari saluran atau drainase yang tersumbat, seperti di Puskesmas Melaya.
Eko menjelaskan untuk optimalisasi pelayanan kedaruratan dan respon bencana, pihaknya telah menyiagakan alat dan armada termasuk personil Tim Reaksi Capat (TRC) di Rupusdalops PB serta Relawan Pengurangan Resiko Bencana di setiap desa dan kelurahan.
Bahkan lanjutnya, dalam waktu dekat pihaknya akan mengaktifkan Posko Terpadu yang melibatkan personil dari seluruh instansi terkait.
Pewarta : Komang Tole
Editor : Mahatma Tantra
Baca Juga :
Sekda Dewa Made Indra Ajak Seluruh Kepala Sekolah se-Bali Terus Tumbuhkan Jiwa Korsa

Leave a Comment

Your email address will not be published.