Tiga Gua Misterius Keluarkan Hawa Hangat, Dingin dan Bekas Semburan Abu di Desa Dukuh, Kubu

warga mulai tata kawasan tiga goa misterius (03/01/2020)

Balinetizen.com, Karangasem-

 

Fenomena gua ini menjadi viral dimedia sosial karena keunikan yang dimiliki. Dimana dsri tiga gua tersebut, gua paling atas terdapat bekas semburan abu menyerupai abu sisa erupsi Gunung Agung, gua diposisi tengah menghembuskan udara hangat dan gua paling bawah mengeluarkan hawa dingin.

Seperti yang dituturkan oleh I Komang Adi salah seorang warga Desa Dukuh, bahwa keberadaan ketiga goa tersebut memang sudah lama diketahui, hanya saja baru saat ini informasi tentang keberadaannya menyebar dan ramai dimedia sosial.

Keberadaan goa ini kembali ramai diperbincangkan setelah beberapa waktu lalu ada seorang tokoh spiritual yang secara tidak sengaja melakukan yoga dikawasan ketiga goa tersebut berada.

Namun tokoh spiritual tersebut tidak sadar bahwa tempatnya melakukan yoga saat itu berada diwilayah Desa Dukuh sampai akhirnya ia tau setelah bercerita kepada warga.

“Katanya ada tokoh spiritual dari luar Desa Dukuh yang sengaja datang mencari Desa Dukuh untuk tempatnya melaksanakan kegiatan spiritual hingga yang bersangkutan menemukan lokasi temoat tiga goa tersebut,” tutur Komang Adi pada Jumat (03/01/2020).

Karena keberadaanya cukup unik, dan diyakini mengandung makna spiritual, saat ini kawasan tersebut mulai ditata karena memungkinkan untuk menjadi daya tarik kegiatan spiritual.

Bahkan, siang ini warga bersama tokoh masyarakat setempat sudah melakukan gotong – royong untuk muali penataannya. Tak hanya itu, prajuru desa adat setempat juga telah memberikan nama untuk kawasan ketiga gua itu berada yaitu Pura Goa Tapa Sidhi Tohlangkir.

Ketiga gua tersebut, diameternya tidak begitu besar, untuk merasakan hawa panas dan dingin dimasing – masing gua tersebut bisa dilakukan dengan cara memasukkan tangan kedalam masing – masing lubang gua tersebut.

Baca Juga :
Gowes Sepeda Ontel, Bupati Sanjaya Satukan Seluruh Elemen Masyarakat

Dari ketiga goa tersebut yang paling bawah jika tangan dimasukkan akan merasakan hawa udara panas, beberapa meter lagi menuju goa kedu jika tangan dimasukkan akan merasakan hawa dingin, nah dan yang paling atas dibibir goa hanya taburan bekas-bekas abu layaknya abu vulkanik dari gunung agung. Dari ketiga goa diameternya tidak terlalu besar hany seperti lubang biasa.

 

Pewarta : Suartawan
Editor : Mahatma Tantra

Leave a Comment

Your email address will not be published.