Ny Putri Koster: Sejahterakan Perajin dengan Manfaatkan Kain Tenun Asli

 

Balinetizen.com, Denpasar 

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali Ny Putri Suastini Koster meminta semua pihak khususnya Komunitas Cinta Kain Bali (KCKB) untuk berperan aktif dalam upaya melestarikan dan mengembangkan kain tenun Bali.

Ny Putri Koster menyampaikan hal itu ketika menyampaikan sambutan pada peringatan HUT ke-6 KCKB yang dilangsungkan di Kertasabha, Rumah Jabatan Gubernur Bali di Denpasar, Sabtu (11/1) malam.

“Kain tenun kita merupakan warisan leluhur yang harus kita lestarikan dan juga kita kembangkan. Kita kaya akan motif dan bahan tenun yang berkualitas. Kita sejahterakan para perajin dengan memanfaatkan kain tenun asli,” ucapnya.

Seniman multialenta ini juga mengajak anggota KCKB yang diberi julukan ‘sosial jelita’ untuk turut berperan aktif dalam mensosialisasikan penggunaan kain Bali di , mengingat saat ini sangat banyak beredar kain tenun printing yang tentu saja dari segi kualitas dan bahan berbeda dengan kain kain tenun asli.

 

“Sekarang banyak beredar kain tenun printing yang keberadaannya bisa mematikan kain yang ditenun oleh para perajin. Untuk itu saya minta, mari kita semua gunakan kain tenun asli. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan warisan leluhur kita. Mari bersama kita kembangkan kain tenun sehingga tidak hanya kain kita lestari tetapi juga kesejahteraan para penenun meningkat,” katanya, menandaskan.

Di akhir sambutannya, Ny Putri Koster juga meminta KCKB ke depannya untuk terus bergeliat dalam pelestarian tenun Bali, serta mampu menyusun program kerja dan kegiatan yang sejalan dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Turut hadir pada acara tersebut antara lain Ketua Gatriwara Provinsi Bali Ningsih Wiryatama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali beserta istri, anggota beberapa organisasi wanita dan anggota KCKB se-Provinsi Bali.

Baca Juga :
Tujuh Anggota Polisi Di Malut Dipecat

Acara juga tampak diisi dengan kegiatan ‘fashion show’ yang digelar para desainer anggota KCKB, di antaranya dari Puri Suar Butik, Diah Mode, Rina Kesuma, Ratu Bali dan Adimas. Selain itu juga tampak dilakukan penyerahan cenderamata dan pembacaan puisi yang sangat apik oleh Ny Putri Koster.

Editor : Whraspati Radha

Leave a Comment

Your email address will not be published.