Wakili Karangasem di PKB, Tiga Tabuh Dipersiapkan Seka Gender Anak Kecamatan Abang 

Seka (kelompok) penabuh gambelan Gender Anak - anak Kecamatan Abang, Karangasem bakal wakili Kabupaten Karangasem dalam ajang Pesta Kesenian Bali yang akan berlangsung pada bulan Juni 2020 mendatang.

Balinetizen.com, KARANGASEM-

Seka (kelompok) penabuh gambelan Gender Anak – anak Kecamatan Abang, Karangasem bakal wakili Kabupaten Karangasem dalam ajang Pesta Kesenian Bali yang akan berlangsung pada bulan Juni 2020 mendatang.

Untuk itu, kemampuan menabuh anak – anak yang masih duduk dibangku sekolah ini terus diasah dan dimatangkan terutama dalam menghafal tiga jenis tabuh gender yang akan dipentaskan.

Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan Karangasem, I Nyoman Japa dikonfirmasi pada Rabu (15/01/2020) menuturkan, ada tiga jenis tabuh gender salah satunya adalah tabuh Sekar Ginaton yang akan ditampilkan dipanggung PKB.

“Kami rencananya membawakan tiga tabuh dan mempersiapka lima orang penabuh anak-anak, satu diantaranya dijadikan cadangan karena penabuh gender hanya berjumlah 4 orang,” ujarnya

Meski memiliki waktu yang cukup lama, namun pihaknya merasa getir, pasalnya anak – anak penabuh ada yang masih SD dan SMP sehingga ada kendala saat mengatur jadwal latihannya.

Senada dengan Dewa Wid selaku pelatih tabuh gender anak – anak, ia sepakat latihan sebelum tampil di PKB memang harus benar – benar  dimatangkan baik dari segi tehnik, penghafalan, ekspresi maupun gerak termasuk mental penabuh.

“Mental anak – ank ini harus dimatangkan agar pada saat  menabuh bisa percaya diri. Kita arahkan terus dengan penuh kesabaran karena mendidik generasi muda sebagai penabuh gender saat ini cukup sulit,” ungkapnya.

Bagi Dewa Wid, sebagai pembimbing dirihya juga dituntut agar mampu mempelajari dan mengetahui karakter-karakter masing – masing anak tersebut dengan harapan mereka tidak cepat bosan.

Pewarta : Suartawan
Editor : Whraspati Radha

 

Baca Juga :
Mendag Ingatkan Importir Terkait Modus Catut Nama Pejabat

Leave a Comment

Your email address will not be published.