Cegah Penyakit Pada Sapi Bali, Dinas Pertanian Beri Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Cegah Penyakit Pada Sapi Bali, Dinas Pertanian Beri Pemeriksaan Kesehatan Gratis.

Balinetizen.com, Denpasar-

 

Pemkab Jembrana melalui Dinas Pertanian dan Pangan, Selasa (21/1) memberikan layanan gratis pemeriksaan kesehatan pada sapi Bali di Desa Tukadaya, Kecamatan Melaya.

Adanya layanan kesehatan tersebut ratusan warga mendatangi lokasi yang dipusatkan di Banjar Kembang desa setempat. Sedikitnya ada 117 ekor sapi yang diperiksa dan disuntik serta mendapatkan vitamin.

Wayan Widarsa, Kabid Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana mengatakan layanan kesehatan gratis ini sebagai upaya pencegahan terhadap serangan penyakit dan juga untuk meningkatkan produktifitas khususnya pada sapi Bali.

Layanan yang diberikan lanjutnya, meliputi kesehatan reproduksi dengan pemeriksaan kebuntingan serta pemeriksaan yang sifatnya umum seperti pemberian obat cacing kepada anakan sapi.

Tidak hanya itu pihaknya juga melakukan vaksinasi dan penyemprotan lalat pada tubuh sapi dan pengobatan terhadap sapi sakit

“Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan produktifitas supaya tidak punah dan mencegah penyakit menular yang kerap menyerang sapi Bali” tandas Widarsa, Selasa (21/1).

Masih menurut Widarsa, pelayanan pemeriksaan kesehatan terhadap ternak sapi Bali akan terus berlanjut dilaksanakan di desa dan kelurahan di lima kecamatan di Jembrana.

 

Pewarta : Mang Tole
Editor : Mahatma Tantra

Baca Juga :
Peringatian Hari Ibu di Kabupaten Klungkung Berlangsung Sederhana, Para Suami Ucap Kata Sayang Kepada Para Istri

Leave a Comment

Your email address will not be published.