Kodim 1609/Buleleng Peduli Lapangan Buana Patra Singaraja.

Avatar
TNI AD khususnya Kodim 1609/Buleleng yang terletak di belahan Utara Pulau Bali juga membutuhkan hal yang sama dalam rangka pembinaan jasmani bagi anggotanya karena terbatasnya luas pangkalan satuan.

Balinetizen.com, Buleleng-

 

Keberadaan sarana olahraga berupa lapangan maupun taman merupakan salah satu fasilitas umum yang sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat dimanapun berada. Disamping sering dijadikan sebagai tempat untuk melaksanakan olahraga (refreshing) bagi perorangan maupun keluarga, sarana olahraga baik lapangan maupun taman juga bisa dijadikan sebagai tempat pembinaan untuk para atlet daerah dalam upaya meningkatkan prestasinya baik di kancah daerah, nasional bahkan internasional.

Bukan hanya warga masyarakat sekitar saja yang butuh ketersediaan sarana olahraga di daerah, tetapi TNI AD khususnya Kodim 1609/Buleleng yang terletak di belahan Utara Pulau Bali juga membutuhkan hal yang sama dalam rangka pembinaan jasmani bagi anggotanya karena terbatasnya luas pangkalan satuan.

Selama ini warga masyarakat terutama atlet dari beberapa Cabang Olahraga (Cabor) di Buleleng menggunakan Lapangan Bhuana Patra (BP) sebagai tempat latihan. Kodim 1609/Buleleng juga menggunakan Lapangan BP sebagai tempat untuk melaksanakan pembinaan jasmani sekaligus sebagai tempat untuk melaksanakan tes kesegaran jasmani periodik bagi anggotanya. Pasca memasuki musim hujan seperti saat ini, kondisi lapangan BP terutama rumputnya tumbuh subur tidak terkendali dan terkesan tidak rapi/terawat dengan baik.

Disela-sela kegiatan aerobik bersama anggota di Lapangan BP, Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto, S.E.,M.I.K., langsung melaksanakan aksi spontan bersama anggota, ikut serta membantu petugas kebersihan lapangan BP memangkas rumput menggunakan mesin pemotong rumput milik Disdikpora Kab. Buleleng.

Aksi tersebut berlanjut beberapa hari kemudian, setelah melalui koordinasi dan mendapat respon yang positif dari dinas terkait seperti Disdikpora, Disperkimta dan KONI Kab. Buleleng akhirnya kegiatan aksi peduli Lapangan BP pada Jumat (24/01) dilanjutkan kembali.

Kegiatan peduli lingkungan tersebut dipimpin langsung Kasdim 1609/Buleleng Mayor Kav I Nyoman Arya Jayantara bersama-sama anggota di jajaran Kodim. Selama beberapa jam kegiatan berlangsung, penampakan Lapangan BP mengalami perubahan dimana rumputnya sudah pendek dan tertata rapi, kemudian tiang gawangnya (goal pal) sudah terbalut dengan cat warna putih dan tiang benderanyapun sudah dicat putih oleh anggota Kodim Bueleng.

Baca Juga :
Fairuz Penuhi Panggilan Penyidik Klarifikasi Laporan Soal "Ikan Asin"

Ditempat terpisah, Dandim Buleleng menyampaikan rasa terima kasihnya baik kepada anggota jajaran Kodim yang telah bersama-sama ikut serta dalam aksi peduli lingkungan siang hari itu dan hal yang sama juga disampaikan kepada Kadis SKPD terkait lingkup Pemkab Buleleng seperti Disdikpora, Disperkimta dan KONI Buleleng dalam upaya partisipasi dan atensinya untuk mendukung kegiatan pemeliharaan terhadap aset daerah yg bermaanfaat besar untuk maayarakat.

Lapangan BP yang berada ditengah-tengah Kota Singaraja pada nantinya akan digunakan juga sebagai tempat untuk penyelenggaraan Upacara Bendera tujuh belasan setiap bulan yang diikuti oleh Kodim 1609/Buleleng beserta jajarannya dan Satuan Badan Pelaksana Aju (Balak Aju) Korem 163/WSA yang berkedudukan di wilayah Buleleng.

 

Editor : SUT

Leave a Comment

Your email address will not be published.