Wabup Suiasa Hadir Ikut Ngerastiti Karya Ngenteg Linggih Pura Ratu Begawan Penyarikan, Br. Adat Babakan Canggu

Avatar
Wabup Suiasa disaat hadiri Karya Ngenteg Linggih Pura Ratu Begawan Penyarikan, Br. Adat Babakan Canggu, Jumat (24/1) lalu.

Balinetizen.com, Mangupura-

 

Krama Banjar Adat Babakan Canggu, Kec. Kuta Utara, pada Sukra Wage, Wuku Wariga, Jumat (24/1) lalu, melaksanakan upacara Tawur, Caru Rsi Gana, Melaspas dan Mendem Pedagingan yang dipuput oleh Ida Pandita Mpu Reka Merta Yoga dari Griya Pesraman Candra Buwana Jagapati Abiansemal. Upacara ini merupakan rangkaian Karya Ngenteg Linggih Padudusan Alit Wraspati Kalpa di Pura Ratu Begawan Penyarikan, Br. Adat Babakan, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara yang telah rampung pembangunannya. Puncak karya akan dilaksanakan pada saniscara paing warigadian Sabtu 1 Pebruari mendatang.

Karya ini dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bersama Anggota DPRD Badung I Made Surya Nanda Pramana. Dalam kesempatan tersebut, Wabup. Suiasa melaksanakan persembahyangan bersama dilanjutkan mesimakrama dan menyerahkan secara simbolis bantuan dana APBDes untuk aci upakara sebesar Rp. 200 juta. Upacara tersebut juga dihadiri Camat Kuta Utara I Putu Eka Parmana, Perbekel Canggu I Nengah Lana, Bendesa Adat Canggu I Nyoman Sujapa, Pemangku se-Desa Adat Canggu, Kelian Adat dan Dinas se-Desa Adat Canggu, Kepala LPD Desa Adat Canggu, tokoh serta masyarakat setempat.

Ketua Panitia Karya I Wayan Suekadana menjelaskan upacara ini digelar serangkaian telah rampungnya pembangunan Pura Ratu Begawan Penyarikan dan Balai Banjar Adat Babakan yang dananya bersumber dari bantuan Pemerintah Kabupaten Badung tahun 2018 dengan total nilai Rp. 1,8 milliar. “Karya ini juga dapat terlaksana dengan adanya bantuan dana dari Pemerintah Desa sebesar Rp. 200 juta. Adapun dudonan karya telah dimulai dari tanggal 27 Desember 2019 yaitu dengan dilaksanakannya mapakeling guru piduka, dan puncaknya pada 1 Februari 2020 dilaksanakan penganyaran, pakelem ke segara, nyegara gunung dan Ida Bhatara mesineb,” jelasnya.

Baca Juga :
Silaturahmi ke Persis, Kapolri Minta Masyarakat Hilangkan Polarisasi dan Bersatu Membangun Bangsa

Wabup. Suiasa dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagianya mewakili Pemerintah Kabupaten Badung dapat hadir di tengah-tengah masyarakat dengan ikut ngerastiti bhakti bersama krama. Harapannya semoga melalui Karya yang dilaksanakan ini, Ida Bhatara Ratu Begawan Penyarikan akan selalu memberi keselamatan dan kesejahteraan bagi krama Br. Adat Babakan, selain itu pelaksanaan karya ini juga sebagai ungkapan terima kasih dan memohon tuntunan dalam kehidupan sehari-hari.

Wabup. Suiasa juga berharap, kepada krama dapat merawat keberadaan balai banjar dengan baik melalui konsep tata sukerta agama. Pertama tata sukerta parhyangan yaitu dengan meningkatkan rasa sradha bhakti kepada Ida Bhatara Begawan Penyarikan yang berstana di Pura Balai Banjar. Kedua, tata sukerta pawongan, dengan lebih meningkatkan paiketan pasemetonan antar krama dan yang Ketiga tata sukerta palemahan dengan merawat dan memelihara bangunan balai banjar dan Pura Stana Ratu Begawan Penyarikan. “Semoga melalui pelaksanaan karya ini dapat meningkatkan rasa paiketan antar krama dengan pelaksanaan tata sukerta menuju krama banjar yang lebih sejahtera,” jelas Wabup Suiasa.

 

Sumber : Humas Pemkab Badung

Leave a Comment

Your email address will not be published.