Motivasi Guru PAUD TK dan SMP, Bupati Suwirta Perintahkan Kadisdik Tinjau Tunjangan Kepala Sekolah dan Pengawas

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kembali memberikan motivasi kepada para guru PNS tingkat PAUD, TK dan SMP di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Kamis (30/1).

Balinetizen.com, Klungkung-

 

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kembali memberikan motivasi kepada para guru PNS tingkat PAUD, TK dan SMP di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Kamis (30/1). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peningkatan kwalitas SDM serta memompa semangat para insan pendidikan dalam menciptakan generasi cerdas dan berkarakter.

Dalam amanatnya, Bupati Suwirta menyampaikan bahwa keputusan Menteri Pendidikan saat ini, para guru diberikan beban yang lebih berat dari yang sebelumnya. Kata Merdeka Mengajar  yang didengungkan Menteri Pendidikan memiliki makna otonomi dalam dunia pendidikan. Artinya pengelolaan cara belajar diberikan pada masing masing guru. Selain itu para guru diwajibkan membuat inovasi dan terobosan sebagai bentuk pertanggung jawaban kata “Merdeka Mengajar”.  Namun  dengan metode baru ini, Pemerintah daerah akan lebih mudah dalam menilai dan mengevaluasi para guru, mana yang layak diberikan reward/penghargaan dan mana yang pantas diberikan punishment/sangsi.

Bupati Suwirta lebih lanjut menjelaskan, dalam membangun sebuah bangsa, Kekuatan yang paling besar dibutuhkan adalah SDM. Untuk itu dirinya mengingatkan untuk jangan pernah lelah dalam  mengisi, mengajar dan saling mengingatkan, sehingga SDM yang lahir akan memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah.

Untuk menciptakan SDM yang berkwalitas dan berkarakter, Bupati Suwirta menekankan pada  Religiusitas yakni meningkatkan kepercayaan dengan tuhan, dengan cara berdoa disetiap kali mengawali kegiatan. Menurutnya dengan berdoa maka otomatis akan mencuci otak untuk melakukan dan berusaha seperti doa yang diharapkan.

Selain meningkatkan rasa memiliki itu Bupati Suwirta juga kembali menekankan untuk mengamalkan makna kata “Pesaje”. Pesaje yang berarti kesungguhan atau wujud keseriusan dalam menekuni sebuah pekerjaan patut ditanamkan didalam setiap melakukan sebuah usahadan kewajiban.

Para guru juga diingatkan supaya  sopan dalam berpenampilan dan berpakaian. Karena penampilan sangat berpengaruh dalam upaya menarik perhatian pendengar atau lawan bicara utamanya para siswa. “Jagalah wibawa jangan terlalu dekat dengan siswa. Karena jika siswa merasa dekat dengan gurunya maka siswa akan semakin berani dan mengurangi rasa hormat dan tidak disegani.” Ujar BUpati Suwirta.

Baca Juga :
Diduga Persoalan Ekonomi Sebabkan Nyoman Adnyana Tewas Gantung Diri

Kepada Kepala Dinas Pendidikan, Bupati Suwirta tugaskan untuk mengkaji ulang tunjangan para Kepala Sekolah dan Pengawas, serta mengkaji sistem pengupahan dan penggajian supaya diganti dengan sistem yang lebih proporsional dan professional, namun tetap menyesuaikan dengan PAD Klungkung. Dirinya berjanji jika PAD Klungkung meningkat, akan ada peningkatan tunjangan bagi para insan didunia pendidikan.

Dalam pertemuan itu juga diisi dengan sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan I Gusti Ngurah Agung Gde Putra Nandika dengan tema mengenai kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan dan dari BPJS Kesehatan Gusti Ayu Kadek Tutik Agustyari dengan materi sosialisasi mengenai pemanfaatan layanan BPJS Kesehatan. Hadir pula Asisten Bupati Bidang Administrasi Umum I Wayan Sumarta selaku tim GDN.

 

Sumber : Humas Pemkab Klungkung

Leave a Comment

Your email address will not be published.