Jasmerah, BMI Buleleng Kunjungi Sesepuh PDIP

momentum bagi DPC Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Buleleng dengan melakukan kunjungan atau silahturahmi kepada sejumlah sesepuh PDI Perjuangan di Kabupaten Buleleng yang diawali Minggu (2/2/2020) di Bale Agung Kelurahan Paket Agung Kecamatan Buleleng.

Balinetizen.com, Buleleng-

 

Jasmerah, slogan yang mengingatkan pada sebuah sejarah perjalanan dan perjuangan menjadi momentum penting dalam rangkaian peringatan HUT PDIP Ke-47 yang dilaksanakan secara bertahap oleh DPC BMI Kabupaten Buleleng.
Singaraja, Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah, Jasmerah yang diucapkan Ir. Soekarno dalam pidato di bulan Agustus 1966 menjadi sebuah momentum bagi DPC Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Buleleng dengan melakukan kunjungan atau silahturahmi kepada sejumlah sesepuh PDI Perjuangan di Kabupaten Buleleng yang diawali Minggu (2/2/2020) di Bale Agung Kelurahan Paket Agung Kecamatan Buleleng.

Silahturahmi dalam anjangsana Jasmerah BMI Buleleng di Bale Agung diterima sesepuh PDIP Buleleng Made Hardika bersama keluarga besar Bale Agung serta beberapa sesepuh PDIP yang langsung mengelar dialog antara Banteng Muda dengan Banteng Tua hingga kemudian dilanjutkan dengan persembahyangan bersama dan penyerahan bingkisan.

”Ini kesempatan kita menyambung silaturahmi antar generasi yang terdahulu dengan generasi muda yang sekarang, sebaiknya jangan ada jarak sehingga alih generasi mulu dia, ini nantinya akan menjadi kekuatan nasional yang betul-betul bisa menangkal intoleransi dan kegiatan positif sekali, inilah contoh anak-anak muda yang peduli dengan orang tua, sehingga ini merupakan penghargaan yang luar biasa dan ini patut ditiru,” ungkap Hardika yang mantan Anggota DPRD Bali.

Ketua DPC BMI Kabupaten Buleleng, dr. Ketut Putra Sedana, Sp. OG., mengatakan, mengawali kegiatan yang dilakukan BMI Buleleng dengan melakukan anjangsana kepada sesepuh PDIP dan memilih Bale Agung selain sebagai asal Ibunda Bung Karno juga untuk mengingatkan kepada anggota BMI Buleleng pentingnya sejarah bangsa yang berawal dari Bale Agung.

“Dalam kegiatan ini, ini memang awal kegiatan untuk kita tindaklanjuti, rangkaian HUT PDIP ini memang kita mulai dari Bale Agung ini dengan melakukan kegiatan kunjungan anjangsana ketemu dengan tokoh di sini, dengan melihat kondisi riil dari keadaan tempat di mana dulu sang proklamator yang dilahirkan dari rahim seorang ibu yang berasal dari sini kita tahu bagaimana sejarahnya itu,” papar Putra Sedana yang akrab disapa Dokter Caput.

Baca Juga :
Sambut Masa Kampanye, Pemkab Buleleng Gelar Persembahyangan Bersama

Ketua BMI Buleleng Putra Sedana mengakui tidak semuanya sesepuh PDIP di Buleleng mampu meneruskan perjuangannya dengan sempurna, terlebih lagi beberapa diantaranya dalam kondisi sakit, “Kita berkunjung kunjungan sosial ke sesepuh-sesepuh kita, pendahulu-pendahulu kita pejuang-pejuang kita dulu yang sampai saat ini kita tahu kondisinya ada dan banyak yang masih memprihatinkan yang perlu kita kunjungi,” ujarnya.

Menurut Dokter Caput, hal terpenting melalui kegiatan anjangsana Jasmerah BMI Buleleng adalah upaya Banteng Muda memberikan motivasi dan semangat untuk para sesepuh Banteng Tua sehingga akan terus mampu berkiprah melalui jalinan silahturahmi antar generasi Banteng Buleleng.

“Nah inilah yang akan kita harus lakukan kunjungan kunjungan dengan menjalin silaturahmi, karena bagaimanapun juga sebuah nilai silaturahmi memiliki nilai filosofi yang tinggi sekali, kerana ketika silahturahmi terus dijalin, maka kekuatan itu akan muncul, kekuatan antara muda dan tua akan menyatu, dari kekuatan itulah akan menjadi sebuah motor yang tentunya untuk mencapai tujuan, untuk bersatu akan betul-betul terwujud,” tegas Caput.

Dalam kegiatan anjangsana ke Bale Agung, DPC BMI Buleleng juga melihat secara langsung lokasi Soekarno Heritage yang digagas Pemkab Buleleng melalui Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng, dimana lokasi tersebut merupakan tenpat tinggal orang tua pendiri Republik Indonesia saat berada di Bale Agung.

Menurut rencana Anjangsana Jasmerah BMI Buleleng akan dilakukan secara bertahap dengan mengujungi para sesepuh PDIP yang tersebar di sejumlah Kecamatan di Buleleng termasuk nantinya juga akan melakukan kunjungan sosial ke Panti Asuhan dan berencana memperingati puncak HUT 47 PDIP di Panti Jompo.

 

Editor : SUT

Leave a Comment

Your email address will not be published.