Bulan Aksara Bali, BB Agung Gelar Nyurat Aksara Bali

Desa Adat Baler Bale Agung, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara menggelar lomba Nyurat Aksara Bali serangkaian Bulan Aksara Bali, Selasa (4/2).

Balinetizen.com, Jembrana-

 

Desa Adat Baler Bale Agung, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara menggelar lomba Nyurat Aksara Bali serangkaian Bulan Aksara Bali, Selasa (4/2).

Lomba dilaksanakan di Wantilan Kantor Kelurahan Baler Bale Agung diikuti 25 peserta utusan dari 5 SD di Kelurahan Baler Bale Agung.

Bendesa Adat Baler Bale Agung yang juga Bendesa Majelis Madya Desa Adat (MDA) Jembrana, Nengah Subagia mengatakan seiring berlakunya Perda Bali nomor 4 tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali, setiap desa adat wajib melaksanakan kegiatan serangkaian Bulan Aksara Bali pada pekan pertama bulan Februari.

Dalam pelaksanaannya lanjutnya, juga berkolaborasi dengan desa dinas sesuai intruksi Bupati Jembrana itu tu Arta supaya turut mensukseskan instruksi Gubernur Bali, Wayan Koster dalam upaya melestarikan bahasa dan sastra Bali.

Anggaran an-nur kegiatan tersebut menurutnya sudah disediakan melalui alokasi dana desa adat dari APBD semesta berencana Pemprov Bali yang disalurkan melalui masing-masing desa ada sehingga wajib melaksanakan kegiatan Bulan Aksara Bali.

“Pada Pebruari ini saya pastikan.alokasi dana desa sebesar Rp.300 juta sudah cair ke seluruh desa adat di Jembrana. Kalau tidak melaksanakan itu keterlaluan, apalagi anggarannya sudah ada” jelas Subagia, Selasa (4/2)

Menurutnya lomba Nyurat Aksara di Kelurahan Baler Bale baru pertamakali dilaksanakan dengan melibatkan penyuluh Bahasa Bali dan juga sebagai panitia.

Dalam lomba Nyurat Aksara itu muncul sebagai Juara I Ni Putu Sati Pridayanti dari SDN 2, Juara II Ni Made Ayu Putri Utami SDN 3 dan Juara III Ni Putu Tika Ambarawati dari SDN 4 Baler Bale Agung.

 

Pewarta : Komang Tole
Editor : Mahatma Tantra

Baca Juga :
Penunggak Iuran BPJS Kesehatan Terancam Kena Sangsi

Leave a Comment

Your email address will not be published.