Pemerintah Provinsi Bali Mendapat Penghargaan dari BNPB Atas Partisipasi Aktif Dalam Penanggulangan Bencana Tahun 2019

Kepala BNPB mengatakan bahwa kembali Provinsi Bali mendapatkan penghargaan karena memang selama tahun 2019 telah berpartisipasi aktif dalam penanggulangan bencana.

Balinetizen.com, Nusantara-

 

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana dilaksanakan tanggal 3 – 4 Pebruari 2020, bertempat di Sentul Internasional Convention Center (SICC) Bogor Jawa Barat.

Rakornas yang mengusung tema “Penanggulangan Bencana Urusan Bersama,” di hari pertama tanggal 3 Februari 2020 diisi dengan panel seminar nasional yang membahas berbagai topik antara lain :
Panel 1 Bidang Manajemen Bencana.
Panel 2 Bidang
Ancaman Geologi dan Vulkanologi (gempa bumi, Tsunami, Likuifaksi, Erupsi Gunung Api).
Panel 3 Bidang Ancaman Bencana Hidrometeorologi (kekeringan, karhutla, & perubahan iklim).
Panel 4 Bidang Ancaman Hidrometeorologi (banjir, banjir banding, longsor, angin puting beliung & abrasi).
Panel 5 Bidang ancaman akibat limbah & kegagalan teknologi.
Panel 6 bidang sosialisasi keluarga tangguh bencana (KATANA) & edukasi kebencanaan.

Selasa 4 Pebruari 2020, merupakan puncak Rakornas dan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo. Dalam pidatonya Joko Widodo menekankan dan memberi beberapa perintah antara lain : pemerintah pusat dan pemerintah daerah agar bersinergi di dalam upaya pencegahan, mitigasi & kesiapsiagaan, termasuk pengendalian tata ruang berbasis pengurangan risiko bencana, pemerintah daerah diharapkan segera menyusun rencana kontijensi, dan penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan pendekatan kolaboratif atau pentahelix.

Usai pengarahan Bapak Presiden, dilakukan pembacaan rekomendasi dari panel seminar yang dilakukan pada hari pertama, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan, baik kepada unsur Kementerian /Lembaga di tingkat pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota, unsur akademisi, relawan, dan juga penghargaan tersebut diberikan kepada unsur media baik cetak, televisi, radio serta media online, yang selama ini banyak memberitakan tentang kebencanaan sebagai upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Pemerintah Provinsi Bali adalah salah satu Pemerintah Daerah yang mendapatkan penghargaan dari BNPB, karena peran serta aktifnya dalam Penanggulangan Bencana tahun 2019, yang diserahkan langsung oleh Kepala BNPB Letnan Jenderal Doni Monardo. Kepala BNPB mengatakan bahwa kembali Provinsi Bali mendapatkan penghargaan karena memang selama tahun 2019 telah berpartisipasi aktif dalam penanggulangan bencana.

Baca Juga :
Public Speaking Antar Fedri Ramadhan Jadi Direktur Saat Usia 26 Tahun

Made Rentin Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali yang hadir mewakili Bapak Gubernur Bali menerima penghargaan tersebut, menjelaskan bahwa Pemprov Bali termasuk wilayah tengah menerima penghargaan bersama 2 (dua) Provinsi lainnya yaitu Kalimantan Timur dan Gorontalo.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa penghargaan ini adalah sebuah tanggung jawab sekaligus tantangan agar Pemerintah Provinsi Bali melalui BPBD, lebih giat dan serius lagi dalam upaya penanggulangan bencana khususnya dalam upaya pencegahan, mitigasi bencana dan kesiapsiagaan.

 

Pewarta : Hidayat
Editor : Mahatma Tantra

Leave a Comment

Your email address will not be published.