Tahun Ini, Uang Kartu Karangasem Cerdas Dibayarkan Hanya Setengah

ribuan siswa SD dan SMP penerima bantuan Kartu Karangasem Cerdas (KKC) terkena imbasnya.

Balinetizen.com, Karangasem-

 

Gara – gara anggran dipangkas, ribuan siswa SD dan SMP penerima bantuan Kartu Karangasem Cerdas (KKC) terkena imbasnya.

Imbas yang dirasakan adalah jumlah uang yang akan diterima oleh siswa bersangkutan untuk tahun ini hanya akan dibayarkan hanya setengahnya saja.

Dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, kondisi ini disebabkan oleh adanya pemangkasan jumlah anggran hingga 50 persen untuk anggaran KKC, dari total anggran sebelumnya Rp. 21 miliar kini menjadi hanya Rp. 10 miliar saja.

Menurutnya, pemangkasan ini dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan pada pembahasan antara pemerintah bersama DPR dalam penyusunan RAPBD Karangasem. Disana dengan adanya kewajiban daerah untuk menganggarkan 25 persen dari DAU menjadi infrastruktur sehingga berimbas pada beberapa kebutuhan dari pemenuhan anggaran.

Hal inilah yang juga mengakibatkan terpangkasnya dana KKC yang semula teranggarkan 21 Miliar kini terkurangi menjadi setengahnya yaitu Rp.10 Miliar.

“Berharap tidak mengurangi kuota siswa yang terbiayai melalui KKC maka disepakati bahwa pembayaran KKC dibayarkan setengahnya untuk tahun ini,” ujar Kartika saat dikonfirmasi, Selasa (04/02/2020).

Informasi yang diperoleh, untuk siswa SD penerima bantuan KKC setiap tahunnya menerima Rp. 800 ribu perorangnya. Sementara untuk siswa SMP penerima KKC setiap tahunnya menerima Rp. 1 juta.

Jika merujuk adanya pemangkasan anggaran hingga 50 persen tersebut, maka ditahun 2020 ini, untuk siswa SD jika berimbas terhadap pemangkasan maka hanya akan memperoleh Rp. 400 ribu pertahunnya sedangkan siswa SMP penerima bantuan KKC akan menerima Rp. 500 ribu pertahunnya.

 

Pewarta : Gede Suartawan
Editor : Mahatma Tantra

Baca Juga :
Biodesel B-100 Hasil Inovasi Badan Litbang Pertanian Terbukti Mampu Menjadi Alternatif Bahan Bakar Masa Depan

Leave a Comment

Your email address will not be published.