Obat Gratis, Penyakit Kusta Bisa Disembuhkan

Ilustrasi Obat.

Balinetizen.com, Jembrana-

 

Penderita penyakit kusta kini tidak perlu risau. Pasalnya, penyakit ini masih bisa disebuhkan. Bahkan obatnya bisa didapatkan secara gratis di seluruh Puskesmas di Kabupaten Jembrana.
“Penyakit kusta bisa disembuhkan asalkan mau minum obat secara teratur” ujar dr. Gusti Agung Putu Arisantha, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Jembrana belum lama ini.
Menurutnya obat untuk penyakit kusta bisa didapatkan secara gratis di semua Puskesmas di Jembrana.
Pemkab Jembrana melalui Dinas Kesehatan lanjutnya, mengajak masyarakat menghapus stigma negatif dan diskriminasi terhadap penderita kusta beserta keluarganya.
Masih menurut Arisantha, penyakit kusta tergolong penyakit menular menahun yang disebabkan kuman mycobacterium leprae.
Penyakit ini bisa menular melalui kontak secara terus menerus namun dalam proses yang cukup lama. Penularan penyakit ini kepada orang sehat dapat terjadi dari penderita yang tidak pernah mendapat pengobatan.
Ia menambahkan untuk menemukan penderita kusta, dimana penderita kusta biasanya kerap menutup diri, tahun 2020 ini dilaksanakan gerakan “Ayo Temukan Bercak”. Program ini dilaksanakan di seluruh puskesmas di Jembrana dengan tujuan dapat tertangani sedini mungkin.
“Kami disini tentu sangat mengharapkan peran aktif dan dukungan dari masyarakat. Sehingga (penderita kusta) cepat mendapat penanganan” ungkapnya.
Hingga tahun 2019 tercatat sebanyak 18 orang penderita kusta dan semuanya telah mendapat penanganan. Tahun 2017 sebanyak 7 orang, 2018 6 orang dan tahun 2019 tercatat 5 orang.

 

Pewarta : Komang Tole
Editor : Mahatma Tantra

Baca Juga :
Satuan Narkoba Polres Buleleng Teralibesikan Tiga Terduga Pelaku Narkotika

Leave a Comment

Your email address will not be published.