Dampak Virus Corona, 61 WNA China Dipulangkan dari Bandara Ngurah Rai Bali

Balinetizen.com, Badung
Pada Minggu 08 Februari 2020 pukul 14.10 Wita melalui Terminal Keberangkatan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali telah berangkat para WNA China yang berada di Bali berjumlah 61 orang menuju Wuhan Provinsi Hubei  RRT dengan menggunakan Pesawat Charter China Eastern No. Flight  MU-799 type  Boeing 737-800.
Pemulangan para WNA China tersebut terkait Himbauan Surat Edaran Penghentian Sementara Penerbangan Route Ke/Dari RRT Yang Dikeluarkan Oleh Menteri Perhubungan RI Berdasarkan Rapat Kabinet Terbatas Tentang Pembahasan Langkah-Langkah Pencegahan Penyebaran Virus Corona Nomor: AU.008/1/16/DJPU.DAU-2020 dan Surat Edaran Gubernur Bali Mengenai Pemberhentian Sementara Penerbangan Ke/Dari Dataran RRT Nomor: 556/666/III/Dispar.
Adapun pejabat yang hadir pada acra pemberangkatan para WNA China yakni Wagub Prov. Bali Tjokorde Artha Ardana Sukawati. Ada juga Danlanud Ngurah Rai, Kepala Kantor Otoritas Wilayah IV, Kepala Konjen Cina Mr. Gou Haodong dan Wakil Kepala Konjen Cina Mr. Chien Wei) dll.
Nama-nama WNA China yang berangkat sesuai manifes sbb:

1. Zhan Teng
2. Zhou Jia
3. Zhu Heying
4. Xiong Jinyi
5. Xu Yang
6. Chen Liangzhong
7. Qi Yang
8. Luo Longling
9. Yang Guangya
10. Qi Yanchen
11. Chen Ming
12. Liu Xiaoyan
13. Li Nana
14. Jian Fen
15. Zhang Junxiu
16. Yu Bo
17. Feng Hui
18. Jian Yichen
19. Wu Zelei
20. Wang Hongquan
21. Yu Jiahui
22. Fan Jun
23. Fu Junchen
24. Chen Siyi
25. Wang Claire
26. Pan Ting
27. Li Sifeng
28. Chen Yan
29. Fang Jiao
30. Fu Xiao Xi
31. Xlong Han Rong
32. Chen Panpan
33. Chen Libo
34. Zhang Shaqi
35. Chen Zhexi
36. Sun Ruihao
37. Zhang Xize
38. Peng Wei
39. Li Qin
40. Chen Ziqi
41. Chen Yonggang
42. Deng Binian
43. Chen Tianle
44. Wu Yuhang
45. Zhu Ying
46. Xu Xinyan
47. Fan Ming
48. Xie Kun
49. Li Ying
50. Hu Zhaozhi
51. Li Yiyu
52. Chen Wenjing
53. Wang Luokun
54. Wang Yunwen
55. Wu Pu
56. Jiang Jingshu
57. He Jing
58. Wang Ran
59. Xiao Xiao
60. Zhou Yuanbin
61. Yang Qingli

Baca Juga :
Hadiri Selanbawak Barong Festival II, Bupati Sanjaya Apresiasi Inovasi Karang Taruna Panca Tunggal

Data pesawat penjemput WNA China sebagai berikut. Operator: China Eastern Airlines. Type: Boeing 737-800. Call Sign : CES 700/CES 799. No. Registrasi: B-1486. Route: Guangzhou-Denpasar- Wuhan. Pilot: Capt. Pan Chenguang

Pesawat Charter yang telah mendapat izin/persetujuan dari Kemenlu RI, Sintel Mabes TNI dan Kemenhub RI untuk menjemput para WNA China yg ada di Bali.

Rangkaian kegiatan terkait pemulanfan warga China yakni sekitar pukul 09.00 Wita para penumpang WNA Cina mulai berdatangan untuk melakukan proses Check in di Counter D 21 s.d 24 Terminal Keberangkatan Internasional  Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Sekitar pukul 10.00 Wita para penumpang WNA Cina yang sudah melakukan Check in, secara parsial melakukan pemeriksaan di SCP (Security Check Point) 2. Sekitar pukul 10.04 Wita para penumpang WNA Cina melakukan stamp paspor di Counter Imigrasi.

Selanjutnya, para penumpang WNA Cina yang sudah melakukan Stamp Paspor, secara parsial menuju ruang tunggu di Gate 1 B, C Terminal Keberangkatan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Pada pukul 10.27 Wita petugas KKP Ngurah Rai melakukan proses Thermal Scanner terhadap para WNA China yg akan berangkat di ruang tunggu  Gate 1C Terminal Keberangkatan Internasional.

Sekitar pukul 11.18 Wita Wakil Gubernur Bali didampingi Ka Otban tiba di Terminal Keberangkatan Internasional  Bandara I Gusti Ngurah Rai. Selanjutnya  melakukan peninjauan terhadap para penumpang  WNA China yg akan berangkat menuju Wuhan bertempat di ruang tunggu Gate 1 B C.

Kepada Konjen China, Wakil Gubernur Bali
Menyampaikan permohonan maaf atas kejadian pemulangan Para WNA  China ini

 “Tindakan pemulangan WNA China ini karena merupakan arahan dari Pemerintah Pusat RI, ” kata Cok Ace.

Wagub Bali juga mengucapkan empati yang sedalam dalamnya atas kejadian musibah Virus Corona kepada saudara saudara yang ada China dan kami berdoa agar musibah ini segera berlalu.

Baca Juga :
Mantan Mendag Gita Wiryawan Paparkan 'Business Outlook 2020' di Acara iPaymu Super Payment

Walau terjadi musibah, Cok Ace juga meminta agar hubungan kerja sama pariwisata antar China dengan Bali tetap terjali dengan baik.

Pada pukul 12.29 Wita para penumpang  WNA China boarding ke Pesawat melalui Gate 1C. Sebelum memasuki pesawat para penumpang WNA China dilakukan pemeriksaan  berupa pengambilan sampel darah, pemeriksaan suhu badan oleh Dokter dr China bertempat di tangga Pesawat yang Parkir di Apron 53.

Menurut sumber dari Konjen China, adanya penjemput  para WNA China  tersebut merupakan dampak dari  penghentian Penerbangan dari dan ke Tiongkok/China Daratan oleh Pemerintah RI dalam rangka mencegah penyebaran Virus Corona, sehingga Pemerintah Tiongkok/China melakukan upaya penjemput bagi para Warganya yg ada di Bali dengan Pesawat Charter.

Berdasarkan informasi dari Konjen China yang ada di Bali,  tidak ada pemaksaan bagi para WNA China yang ada di Bali untuk kembali ke Negaranya serta akan memfasilitasi apabila ada WNA China yang masih tetap tinggal wilayah Bali. Dan berdasarkan data dari pihak Imigrasi Ngurah Rai Bali bahwa di wilayah Bali masih ada sekitar 5.000 orang WNA China.

Setelah adanya pemberitaan penyebaran Virus Corona di Wuhan China menyebabkan penurunan jumlah wisatawan asing khususnya China yang datang ke Bali. (WS-MB)

Leave a Comment

Your email address will not be published.