Jelang Galungan, Harga Bunga “Pacah” Naik

Avatar
bunga Pacar Galuh atau yang lebih sering dikenal sebagai Bunga Pacah.
ads

Balinetizen.com, Gianyar-

 

Menjelang hari raya Galungan, sarana upacara seperti bungapun ikut serta mengalami kenaikan harga. Salah satunya adalah bunga Pacar Galuh atau yang lebih sering dikenal sebagai Bunga Pacah. Saat ini harga bunga pacar Galuh ini mencapai Rp 16 ribu per kilonya.

Hal ini diungkapkan kadis Perdagangan dan Perindustrian, Luh Putu Gede Eka Suari, Senin (10/2).Ditambahkannya, cabai metrah besar mengalami kenaikan dari Rp 65.000 menjadi Rp 70.000 perkilonya.Cabai rawit merah yang harganya Rp 65.000 juga naik menjadi Rp 70.000 perkilonya. Kelapa yang biasanya Rp 6.000 menjadi Rp 7.000 dan harga janur mengalami kenaikan dari Rp 20.000 menjadi Rp 22.000 per ikatnya.

Dikatakan Kadisperidag, Eka Suari menjelang Hari Raya Galungan, hanya tujuh komoditas mengalami kenaikan. Kenaikan ini dipicu meningkatnya kebutuhan komoditas tersebut. “Disamping itu, komoditas tersebut berasal luar Bali, termasuk pisang sebagian berasal dari luar Bali,” jelasnya. Namun kebutuhan lain menurutnya mengalami penurunan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan. “Harga sembako masih terkendali dan Disperindag akan terus memantau perkembangan harga. Bila harga melonjak tinggi maka akan diadakan pasar murah, guna mengendalikan harga,” tambahnya.

 

Pewarta : Ketut Catur
Editor : Mahatma Tantra

Baca Juga :
15 Karung Padi Hangus, Sempat Bikin Adonan Dodol Sebelum Dapur Dilahap Sijago Merah

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

In the news
Load More
ads