Wabup Kasta : Tim KPA dan Puskesmas dapat mensosialisasikan informasi mengenai HIV/AIDS ke masyarakat di Klungkung

Avatar
Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta menghadiri Kunjungan Kerja Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klungkung serta penanggulangan penyakit HIV/AIDS di UPT Puskesmas Banjarangkan I, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Rabu (12/2/2020) Pagi.

Balinetizen.com, Klungkung –

Tingkatkan koordinasi yang baik antara Tim KPA dengan Puskesmas, hal tersebut diungkapkan ketika Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta menghadiri Kunjungan Kerja Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klungkung serta penanggulangan penyakit HIV/AIDS di UPT Puskesmas Banjarangkan I, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Rabu (12/2/2020) Pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Kasta yang juga selaku Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klungkung sangat menyambut baik kunjungan kerja KPA ini. Wabup Kasta berharap dari kunjungan ini nantinya dapat lebih memberikan dampak yang positif kepada masyarakat terutama mengenai informasi pencegahan penyakit HIV/AIDS (ODHA).

“Semoga dengan adanya kunker dari KPA ini nantinya bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, dan tingkatkan koordinasi yang baik antara tim KPA dengan Puskesmas masing-masing Puskesmas di Kabupaten Klungkung,” harap Wabup Kasta.

Lebih lanjut, Wabup Kasta juga menambahkan agar nantinya seluruh Tim dari KPA maupun Puskesmas bisa mensosialisasikan program-program yang akan dilaksanakan tersebut ke masing-masing Desa, guna mengantisipasi pencegahan penyakit HIV/AIDS supaya masyarakat bisa terhindar dari penyakit tersebut.

Kepala UPT Puskesmas Banjarangkan I dr. I Wayan Agus Arisnawan menyampaikan Puskesmas Banjarangkan I mempunyai Klinik VCT yang merupakan layanan komprehensif yang meliputi upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang mencakup semua bentuk layanan HIV dan IMS. Pada Puskesmas Banjarangkan I juga mempunyai layanan Mobile VCT dimana kegiatan dari mobile VCT merupakan bersifat kegiatan dilapangan.

dr. I Wayan Agus Arisnawan melaporkan untuk di wilayah Puskesmas Banjarangakan I pada Tahun 2019 terdapat 7 kasus yang terjangkit HIV/AIDS.

dr. I Wayan Agus Arisnawan mengharapkan dalam kunjungan ini pegawai Kesehatan di Puskesmas banjarangkan I mendapatkan arahan dan bimbingan dari tim KPA untuk cara-cara mencegah panyakit tersebut dan dapat menginformasikan hal tersebut ke masyarakat di Kecamatan Banjarangkan.

Baca Juga :
Luhut: Pemerintah tak ingin buka pariwisata Bali tanpa batas

“Semoga kegiatan ini nantinya bisa memberikan informasi yang baik, sehingga kedepan seluruh masyarakat khususnya Kabupaten Klungkung bisa hidup sehat dan dapat terhindar dari penyakit berbahaya tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris KPA Kabupaten Klungkung, Wayan Sumananya menyampaikan Kunjungan ini diisi dengan pembekalan dari petugas KPA di masing-masing Puskesmas khususnya Kabupaten Klungkung dan menginformasikan kepada semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Klungkung sekarang sudah mampu mengampu pengobatan penyakit HIV/AIDS ini. Sebelumnya program kunker ini juga sudah dilaksanakan di Puskesmas Dawan 1 dan Puskesmas Klungkung II beberapa hari yang lalu.

 “Mari bersama-sama kenali dan jauhi bahayanya penyakit HIV/AIDS dan selalu jaga pola hidup yang sehat,” ajak Wayan Sumananya kepada seluruh masyarakat.

 

Sumber : Humas Pemkab Klungkung

Leave a Comment

Your email address will not be published.