Begini Cara BPBD Karangasem Maknai Hari Valentine

Avatar
BPBD Karangasem maknai hari kasih sayang dengan cara menanam ribuan bibit pohon dikawasan rawan longsor yang ada diwiayah Banjar Dinas Bunutan, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, Jumat (14/02/2020).
ads

Balinetizen.com, Karangasem-

 

BPBD Karangasem maknai hari kasih sayang dengan cara menanam ribuan bibit pohon dikawasan rawan longsor yang ada diwiayah Banjar Dinas Bunutan, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, Jumat (14/02/2020).

 

Menurut Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa. Kegiatan ini memang sengaja memilih momen hari valentine. Dihari kasih sayang ini Arimbawa ingin memberikan edukasi bahwa rasa sayang tidak hanya bisa ditunjukkan kepada orang – orang yang kita sayangi saja melainkan rasa sayang juga bisa kita tujukan untuk alam dan lingkungan disekitar kita.

 

“Ini juga bagian dari kegiatan mitigasi pengurangan resiko bencana, ketika kita menjaga alam maka alam juga akan menjaga kita,” terang Arimbawa.

 

Dipilihnya wilayah Banjar Dinas Bunutan sebagi lokasi penanaman pohon lantaran kawasan tersebut dianggap memiliki potensi bencana tanah longsor yang paling tinggi diantara wilayah lainnya yang ada di Kabupaten Karangasem.

 

Pohon yang ditanam pun memang sengaja dipilih jenis pohon Gamelina karena pohon jenis ini memiliki akar tunggal yang nantinya bisa juga berfungsi sebagai penahan air saat musim hujan. Selain pohon Gamelina, diwilayah tersebut juga sudah ditanami rumpun bambu.

 

“Sebenarnya gerakan penghijauan juga sudah berjalan sejak dulu dan dulu pernah ada longsor yang jatuh bukan tanah tapi bebatuan. Nah dengan tanaman yang sudah ada sebelumnya mampu menghentikan laju longsoran,” tandas Arimbwa.

 

Sementara itu, kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan bersama Kelompok Tani Tunas Muda, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Camat Abang, PMI, Kepala Desa Bunutan bersama staf dan masyarakat setempat.

 

Pewarta : Gede Suartawan
Editor : Mahatma Tantra

Baca Juga :
Rapat Paripurna III, Bupati Artha Tanggapi Tanggapan Dewan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

Hot Videos
In the news
Load More
ads