Gedung Baru, Fasilitas Kini Lebih Lengkap

Enam gedung baru itu diantaranya Gedung Poliklinik, Instalasi Gawat Darurat , Instalasi Bedah Sentral, Ruang rawat inap dan Ruang rawat inap kelas I,II ,II serta gedung laboratorium.

Balinetizen.com, Jembrana-

 

Gedung baru RSU Negara resmi beroperasi dan melayani masyarakat Jembrana. Peresmian gedung baru ditandai pengguntingan pita serta pelepasan balon gas ke udara oleh Bupati Jembrana I Putu Artha bersama Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Jumat ( 14/2).

Kini rumah sakit tertua di Jembrana itu memiliki enam gedung baru menggantikan bangunan sebelumnya , sehingga jauh lebih megah, lengkap dan luas. Enam gedung baru itu diantaranya Gedung Poliklinik, Instalasi Gawat Darurat , Instalasi Bedah Sentral, Ruang rawat inap dan Ruang rawat inap kelas I,II ,II serta gedung laboratorium.

“Gedung baru ini selain menambah fasilitas, juga motivasi bagi kami meningkatkan pelayanan kesehatan sekaligus derajat kesehatan masyarakat Jembrana, “ ujar Dirut RSU Negara , dr IGB Ketut Oka Parwata.

Dengan penambahan gedung baru itu, total luasan RSU negara kini mencapai 3 hektare. Fasilitasnya juga lebih lengkap karena memiliki fasilitas pelayanan kesehatan terkini . Diantaranya digedung IBS, sistem alur pasien sudah sesuai standar nasional, sistem pintu otomatis, ruangan OK menggunakan sistem hepa filter guna mengurangi infeksi.
Di ruang instalasi Gawat Darurat ( IGD ) kini juga lebih luas dengan bangunan berlantai tiga. Ruang IGD dilengkapi ruang triage, ruang kebidanan , ruang dekontaminasi, ruang isolasi , ruang ashma bay serta didukung ambulance yang siap siaga.

Keluhan sebelumnya akan ketersediaan kamar rawat inap , juga coba diatasi dengan gedung baru rawat inap dan VIP. Kapasitasnya kini memiliki 15 tempat tidur VVIP serta 40 tempat tidur VIP. Sementara Ruang Irna I, II dan III memiliki daya tampung 149 bed.
“Fasilitas kamar VVIP maupun VIP serta UGD yang terintegrasi dan peralatan kedokteran lainnya terstandar ,” Oka Parwata.

Baca Juga :
Indonesia terima 207.000 dosis vaksin AstraZeneca

Tak kalah pentingnya adalah sarana parkir . Kini parkir RSU negara jauh lebih luas dari sebelumnya . Pemusatan parkir terbagi dua yakni dihalaman depan , tepatnya di halaman gedung instalasi rawat jalan. Sisanya dipusatkan diareal belakang , dekat dengan ruang rawat inap pasien

Dari sisi pelayanan , RSU Negara didukung tenaga dokter umum 21 orang, dan 20 dokter spesialis. Jumlah itu secara bertahap akan terus dipenuhi utamanya tenaga dokter spesialis . “ Masih ada yang sedang menempuh pendidikan spesialis. Diantaranya spesialis anak, mata, kulit , jantung , paru, orthopedi , interna dan bedah plastik. Nantinya usai selesai pendidikan kembali memberikan tambahan tenaga dan pelayanan bagi RSU Negara , “ tambahnya.

Harapannya dengan penambahan fasilitas baru dapat mendorong peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat . “ Kita ingin memberikan pelayanan secara maksimal , mengingat kesehatan salah satu program prioritas dari pimpinan daerah. Jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh berobat, itu harapan kita kedepan , “ tandasnya.

 

Sumber : Humas Pemkab Jembrana

Leave a Comment

Your email address will not be published.