Tanah Longsor Di Jalur Singaraja Bedugul KM 18 Desa Pegayaman, Lalintas Macet 3 Jam

Balinetizen.com, Buleleng
Pada tanggal 20 Februari 2020 sekitar Pukul 09.30 Wita, bertempat di Jalan Raya Singaraja Bedugul KM 18 Dusun Amertasari Desa Pegayaman Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng, terjadi Musibah Tanah Longsor yang menutupi setengah Badan Jalan.

Longsor terhadi akibat hujan deras yang turun di lokasi kejadian sejak semalam dan pagi tadi. Selain itu, karena kondisi tanah yang labil atau tidak kuat menahan beban resapan air hujan.

Kronologis kejadian sebagai berikut. Pukul 09.00 Wita berdasarkan informasi dari warga masyarakat setempat bahwa hujan deras terjadi sejak semalam hingga pagi.

Sekitar Pukul 09.30 Wita di Jalan Raya Singaraja Bedugul KM 18 terjadi longsor yang menutup setengah badan jalan, selanjutnya warga masyarakat setempat melaporkan kejadian tersebut kepada Babinsa dan Babinkamtimas.

Sekitar pukul 10.00 Wita Aparat Gabungan tiba dilokasi tanah longsor langsung dipimpin oleh Kapolsek Sukasada selanjutnya mengerahkan Anggota Polsek Sukasada untuk mengatur lalulintas yang sempat mengalami kemacetan melakukan pengaturan lalu lintas dengan sistim buka tutup.

Kapolsek Sukasada Kompol I Nyman Landung SH mengatakan, terkait situasi di KM 18 Desa pegayaman jalur utama Singaraja-Denpasar bagi para pengguna jalan dihimbau untuk berhati-hati dan waspada mengingat di lokasi sedang berlangsung penanganan tanah longsor dari tim TRC BPJN  Kabupaten Buleleng, BP Wilayah VIII,  Satgas siaga Bencana Kabupaten Buleleng,  Pol PP Kecamatan Sukasada, Relawan Bencana Desa Gitgit dan masyarakat sekitar.

Sekitar pukul 10.10 Anggota BPBD Buleleng bersama Aparat yang tiba dilokasi dibantu warga masyarakat setempat melaksanakan Pembersihan material longsor yang menutupi setengah badan jalan.Pukul 12.30 Wita kegiatan Pembersihan material  longsoran tanah di Desa Pegayaman dapat dibersihkan dengan menggunakan peralatan manual/seadanya sehingga arus lalulintas kembali normal.

Baca Juga :
Tebar Vibrasi Sehat ditengah Pandemi, Wagub Cok Ace Lepas Tour Bali Willys Club

Kerugian akibat tanah longsor tidak ada korban jiwa. Materiil Tanah longsor berhasil dibersihkan. Akibat kejadian tersebut arus lalulintas mengalami kemacetan -+ 3 jam

Pukul 12.35 Wita Kegiatan pemberihan tanah longsor akibat hujan deras yang turun di lokasi kejadian sejak semalam dan pagi tadi selesai dengan aman selanjutnya lalulintas jalan singaraja bedudul kembali normal.

Menurut keterangan warga setempat, selama kegiatan Pembersihan material longsor yang menutupi setengah badan jalan di KM 18 Dsn. Amertasari Desa Pegayaman Kec. Sukasada dapat berjalan dengan aman dan lancar, dan arus lalulintas kembali normal.Kepada Warga Masyarakat maupun Pengendara yang melewati Jalan Raya Singaraja Bedugul, agar tetap waspada dan selalu berhati-hati mengingat kondisi cuaca saat ini masih hujan gerimis dan tidak menutup kemungkinan peristiwa tersebut bisa saja kembali terjadi.

Adapun Petugas Gabungan yang hadir dalam Pembersihan material longsoran sbb. Kapolsek Sukasada (Kompol I Nyoman Landung, SH) beserta Anggota Polsek Sukasada, Perbekel Desa Gitgit, Anggota BPBD Kabupaten Buleleng, Anggota Kelompok Destana Desa Gitgit, Babinsa Desa Gitgit Peltu Gede Sarga, Babinsa Desa Pegayaman Serda Ketut Suardika, Bhabinkamtibmas Desa Gitgit Aiptu Gede Kuna, Bhabinakmtibmas Desa Pegayaman Aiptu Supardi, Karyawan Proyek Jalan Shortcut dan Warga Masyarakat setempat. (WS-MB)

Leave a Comment

Your email address will not be published.