Bintang, Murid SD Jawara Lomba Nyurat Aksara Bali

Avatar
Ni Luh Putu Bintang Santiari (12), seorang siswi kelas VI SDN 3 Lodtunduh, Kecamatan Ubud.
ads

Balinetizen.com, Gianyar-

 

Ni Luh Putu Bintang Santiari (12), seorang siswi kelas VI SDN 3 Lodtunduh, Kecamatan Ubud, Gianyar berhasil meraih juara satu dalam lomba Nyurat Aksara Bali serangkaian Petingatan Bulan Bahasa Bali yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Bali di Art Centre Denpasar pada, Senin (24/2) lalu.
Bahkan, putri pertama dari pasangan I Putu Kersia dengan Ni Putu Erningsih asal Banjar Silungan, Desa Lodtunduh Ubud ini akan menerima hadiah pada, Kamis (27/2) esok. “Pengumumannya sudah langsung hari itu setelah lomba. Tapi penyerahan hadiahnya besok (hari ini, red) di Art Centre,” jelas ibu Bintang, Ni Putu Erningsih saat ditemui di rumahnya Rabu (26/2).
Saat lomba berlangsung, tema cerita yang musti disalin ke aksara Bali berjudul Pan Cangklong. Di atas kertas double folio yang telah disediakan oleh panitia, Bintang menulis sangat rapi. Tebal tipisnya setiap aksara ditulis sedemikian rupa.
Diakui, Bintang mulai tekun menulis aksara Bali sejak 2 tahun lalu.  “Mengawali dari lomba nyurat aksara serangkaian Porsenides Lodtunduh. Dia pertama kali ikut lomba, langsung juara. Sejak saat itu dia termotivasi,” jelas Putu Erningsih yang telah 10 tahun mengabdi sebagai Guru Tidak Tetap (GTT) di SDN 3 Lodtunduh ini.
Dari prestasi tingkat desa, Bintang bersemangat mengikuti ajang lomba yang jenjangnya lebih tinggi. “Penjaringan di tingkat kabupaten diikuti sekitar 300 siswa SD. Berlangsung di wantilan Pura Samuantiga baru-baru ini,” jelasnya. Siapa sangka, Bintang berhasil mengungguli ratusan peserta lain sehingga dipilih sebagai duta Gianyar ke provinsi Bali. Pelajar kelahiran 3 Juni 2008 ini pun kembali menorehkan prestasi tingkat provinsi Bali. Jika besar nanti, Bintang berharap bisa menggapai cita-citanya menjadi seorang dokter.
Selain nyurat aksara Bali, Bintang juga memikiki kepandaian bida Mesatua Bali dan Dharmawacana. Tidak saja itu, nilai akademik Bintang bisa dikatakan sangat berprestasi. “Dari kelas I sampai. Kelas VI selalu juara I dikelas,” ujarnya. Bintang pernah dinobatkan sebagai juara II lomba Mesatua Bali SD putri dalam rangka lomba nyastra Kabupaten Gianyar yang digelar Dinas Perpustakaan dan arsip kabupaten Gianyar tahun 2018 lalu.

 

Baca Juga :
Tuntut Perubahan Nama Bandara, ribuan Massa dari NW Pancor menuju Mataram

Pewarta : Ketut Catur
Editor : Mahatma Tantra

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

In the news
Load More
ads