Disambar Petir, Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur Terbakar

Balinetizen.com, Denpasar
Pada hari Minggu tanggal 1 Maret 2020 pukul 18.00 Wita telah terjadi kebakaran di Plafon Lantai 10 dan lantai Dasar tempat Laundry Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur  penyebab kebakaran saat ini masih dalam penyelidikan.
Kronologis kejadian sebagai berikut.  Pukul 18.00 Wita petugas jaga Loby I Wayan Sukadana, melihat ada kepulan asap di lantai 10 (sepuluh) Hotel GBB.
Kemudian dengan adanya kejadian ini, petugas jaga loby melaporkan kejadian ini kepada petugas security Hotel GBB untuk mengecek tempat kejadian perkara (TKP).
Setelah dicek memang benar telah terjadi kebakaran pada bagian atap lantai 10 hotel GBB. Selanjutnya berkat bantuan dan kerjasama dengan karyawan Hotel kejadian kebakaran dilantai 10 api sudah dapat dipadamkan dengan menggunakan alat pemadam ringan selanjutnya spingler bagian plafon juga ikut  menyala.

Pukul 18.30 Wita beberapa karyawan hotel juga melihat ada kebakaran  di lantai bawah tepatnya di tempat Loundry hotel. Dengan adanya hal tersebut selanjutnya petugas  security menelpon Dinas pemadam kebakaran untuk segera merapat ke Hotel GBB.

Pukul 18.40 Wita 5 unit Mobil pemadam Kebakaran dan 1 unit ambulance BPBD Kota Denpasar tiba di Lokasi dan langsung melaksanakan Pemadaman.

 Pukul 19.10 Wita dilaksanakan evakuasi barang oleh para karyawan hotel, untuk para wisatawan/Tamu hotel yang menginap di building Hotel Inna Grand Bali Beach.
Saat ini ada 84 orang menginap dengan jumlah kamar yang dihuni 44 kamar jumlah total kamar 523 dan untuk para tamu sudah dievakuasi atau dipindahkan ke cotage Bali Beach Garden yang berada di selatan  Hotel Inna Grand Bali Beach.

Pukul 20.00 Wita dilaksanakan penyisiran terhadap kamar – kamar oleh pihak teknisi (Ingenering) hotel didampingi pihak Personel BPBD Kota Denpasar.

Baca Juga :
Farah Parfum Edukasi Netizen Terkait Standar Keamanan Agar Wewangian Dapat Digunakan Setiap Hari Tanpa Buat Kantong Jebol

Pukul 20.15 Wita api dapat dipadamkan oleh 5 unit Mobil pemadam Kebakaran

Pukul 20.40 Wita tim inafis Gabungan Polda Bali, Polresta Denpasar dan Polsek Densel  menuju ke Lantai 10 selanjutnya menuju ke Ruang Laundry, Dinning Room, Food and Reverage Office yang berada di Lantai 1 untuk memasang Police Line.

Atas kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Sementara jumlah kerugian materiil belum bisa dipastikan.
 Adapun bangunan yang terbakar adalah Bagian atap lantai 10 hotel GBB dan Bagunan Loundry Hotel GBB pada bagian lantai bawah yang berisikan diantaranya barang-barang loundry hotel,  mesin laoundry, sejumlah pakaian, seprai hotel, handuk, bantal.

Bangunan lainnya yang berimbas kebakaran yakni bangunan Dinning Room dan Kantor Food and Reverage Office yang berada disebelah selatan ruangan Loundry.
Saat ini situasi di Hotel Inna Grand Bali Beach berangsur kondusif, Kejadian kebakaran tersebut telah ditangani Pihak Kepolisian Polda Bali untuk penyelidikan lebih lanjut.
Keterangan dari Kalaksa BPBD Kota Denpasar Ida Bagus Joni penyebab kebakaran disinyalir akibat dari Petir, dimana alat Penangkal petir yang berada di atas atap hotel tersambar petir dan kabel penakal petir (Grown) ditanam di lantai/ruangan loundry sehingga terjadi percikan api dan membakar beberapa barang di ruangan Loundry kemudian api melewati cerobong asap yang berada di ruangan Loundry menuju ke atas di lantai 10 dan membakar kabel yang berada di dalam Plafon lantai 10.

Dalam kejadian kebakaran tersebut ditinjau oleh, Wakil Gubernur Bali Cok Ace, Danrem 163/Wsa, Asisten 1 Pemkot Denpasar, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kota Denpasar.

Rencana hari Senin tanggal 02 Maret 2020 ini (Waktu Masih tentatif) tim Inavis Gabungan Polda Bali, Polresta Denpasar dan Polsek Denpasar akan melaksanakan Olah TKP.

Baca Juga :
Tinggikan Moril dan Semangat Personel Satgas TMMD, Dandim Pimpin Langsung Pengecoran Rabat Beton Di Lokasi Sasaran

Saat ini di TKP masih stanby 2 unit Mobil Pemadam Kebakaran BPBD Kota Denpasar guna untuk mengantisipasi terjadinya kembali kebakaran di hotel tersebut. (WS-MB)

Leave a Comment

Your email address will not be published.