Kodim 1609/Buleleng Gelar Penutupan Dan Penyerahan Hasil TMMD Ke 107 TA 2020 Di Panji Anom

Penutupan dan Penyerahan Hasil TMMD Ke 107 TA 2020 Kodim 1609/Buleleng, dengan tema "TMMD Pengabdian Untuk Negeri" di Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali dilaksanakan pada Selasa (14/4/2020).

Balinetizen.com, Buleleng-

 

Penutupan dan Penyerahan Hasil TMMD Ke 107 TA 2020 Kodim 1609/Buleleng, dengan tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri” di Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali dilaksanakan pada Selasa (14/4/2020) sekitar Pukul 09.00 Wita bertempat di Ruang Rapat Makodim 1609/Buleleng, Jln. Gajah Mada, Kelurahan Banjar Bali, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Bali.

Acara yang penuh khidmat itu dihadiri Bupati Buleleng yang diwakili Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG, Ketua DPRD Buleleng, I Gede Supriatna, SH, Dandim 1609/Buleleng, Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto, S.E.,M.I.K, Kapolres Buleleng yang diwakili oleh Wakapolres Buleleng, Kompol Loduwyk Tapilaha, S.I.K, Kepala Kejaksaan Negeri Singaraja, Nur Chusniah, SH.,MH, Rektor Universitas Ganesha, Prof. Dr I Nyoman Jampel, M.Pd, Kepala Dinas PMD Buleleng yang diwakili oleh Kabid PMDKP, Putu Marjaya, Kadis PU yang diwakili oleh Kabid Bina Marga, Ketut Budiasa, Kasdim 1609/Buleleng, Mayor Kav I Nyoman Arya Jayantara, Danramil 1609-05/Sukasada, Kapten Inf Made Subur Gunung Mas, Camat Sukasada yang diwakili oleh Sekcam, Komang Budiarsana, Perbekel Desa Panji Anom, Made Gina dan perwakilan warga Desa Panji Anom.

Sebelum acara resmi penutupan TMMD 107 Kodim 1609/Buleleng, terlebih dahulu dilakukan pembacaan laporan hasil TMMD ke 107 TA. 2020, Dandim 1609/Buleleng yang diwakili oleh Kasdim 1609/Buleleng, Mayor Kav I Nyoman Arya Jayantara. Dalam laporannya disebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan dimulai 16 Maret sampai dengan 14 April 2020 di Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Satuan Pelaksana, SSK TMMD Ke-107 sebanyak 150 orang personil. Selanjutnya pada saat pelaksanaan TMMD terakit adanya wabah Covid 19 dalam rangka pencegahan Penularan Virus Corona Disease Covid 19) tidak melibatkan masyarakat, dan pelibatan masyarakat hanya pada saat pelaksanaan Pra TMMD Februari sampai dengan 13 Maret 2020.

Jenis kegiatan yang dicapai, untuk sasaran Fisik meliputi, jalan baru dan Rabat Beton dengan panjang 340 meter dan lebar 6 meter, jalan baru dan Rabat Beton dengan panjang 100 meter dan lebar 3 meter serta pelebaran jalan lama dan Rabat Beton dengan ukuran panjang 417 meter dan lebar 6 meter mencapai hasil 100 persen. Selanjutnya 5 unit gorong-gorong kotak (GK) dan 1 unit plat, mencapai hasil 100 persen. Tembok Penahan Tanah (TPT) di lokasi pembukaan jalan baru panjang 757 3) meter dan lebar 6 meter, mencapai hasil 100 persen. Pipanisasi air sepanjang 8.360 meter, 3 unit bak lepas tekanan serta 1 unit reservoar air, mencapai hasil 100 persen. Pembangunan 5 unit MCK dengan lokasi di Banjar Dinas Lebahsiung 1 unit dengan ukuran panjang 3,5 meter dan lebar 2 meter. Di Banjar Dinas Batupulu 1 unit dengan ukuran panjang 1,45 meter dan 1,45 meter. Di Banjar Dinas Pancoran 1 Unit dengan ukuran panjang 3,5 meter dan lebar 2 meter. Di Banjar Dinas Abasan 2 unit dengan ukuran panjang 3,5 meter dan lebar 2 meter dengan hasil 100 persen.

Baca Juga :
Pengadilan Korsel Mulai Sidang Soal Budak Seks Jepang

Kegiatan Non Fisik meliputi kegiatan pemberian sembako 150 paket kepada warga masyarakat kurang mampu dilokasi TMMD Ke-107 Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Penyuluhan pencegahan penyebaran Covid-19 di Balai Desa Dusun Lebah Siung lokasi TMMD Kodim 1609/Buleleng, Desa Panji Anom, Kecamaran Sukasada, Kabupaten Buleleng. Penyuluhan pencegahan penyebaran Covid-19 di Dusun Batu Pulu lokasi TMMD Kodim 1609/Buleleng, Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Penyuluhan pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Dusun Abasan lokasi TMMD Kodim 1609/Buleleng, Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Penyuluhan pencegahan penyebaran Covid-19 di Dusun Pancoran lokasi TMMD Kodim 1609/Buleleng, Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Penyuluhan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kantor Desa Panji Anom Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Penyemprotan disinfektan pencegahan penularan Covid-19 selama 3 hari, TMT tanggal 11 s.d 13 April 2020 dengan menggunakan 3 kendaraan disinfektan dan alat semprot hand spayer perorangan di rumah-rumah penduduk lokasi TMMD Ke-107 Desa Panji Anom Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng.
Pemasangan wastafel 20 unit di titik lokasi TMMD Ke-107 Desa Panji Anom. Pembagian masker sejumlah 1500 buah kepada masyarakat, pemberian Hand Sanitizer dan sabun cuci tangan kepada masyarakat, penyerahan rehab rumah sejumlah 3 unit dan Penyerahan kursi roda sebanyak 2 unit kepada warga yang membutuhkan dilokasi TMMD ke 107, Desa Panji Anom, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

Terhadap dukungan dana, bersumber dari Pemkab Buleleng melalui APBD TA 2020. 107 TO 2020 di Desa.

Diouncak acara sekitar Pukul 09.18 Wita dilakukan penandatanganan Naskah Penyerahan hasil Pelaksanaan TMMD Ke 107 TA. 2020 dari Dandim 1609/Buleleng selaku Dansatgas TMMD Ke 107 TA. 2020 kepada Bupati Buleleng yang diwakili oleh Wakil Bupati Buleleng.

Baca Juga :
Racun Laba-laba Berbahaya Beri Kesempatan Hidup bagi Penderita Stroke

Bupati Buleleng dalam sambutannta yang dibacakan Wakil Bupati Buleleng mengatakan acara penutupan dan penyerahan hasil TMMD ke 107 tahun 2020 Kodim 1609/Buleleng di Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, dimana salah satu agenda utama pembangunan saat ini adalah upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa upaya penanggulangan kemiskinan tetap menjadi perhatian utama program pembangunan penanggulangan kemiskinan yang bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata tetapi menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa. “Oleh karena itu kegiatan TMMD mempunyai dan peningkatan peran serta semua pihak dalam proses pembangunan, baik fisik maupun nonfisik sesuai potensi dan kondisi daerah setempat.

Menurutnya melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat yang diharapkan adalah masyarakat dapat mengatasi ketidak berdayaan mereka yang disebabkan oleh keterbatasan akses yang mereka miliki. “Apa yang menjadi maksud dan tujuan program TNI Manunggal Membangun Desa ke 107, ini ternyata masyarakat di Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng dengan dibantu oleh para prajurit TNI telah mampu merealisasikan dilapangan melalui penyelesaian berbagai kegiatan fisik dan non fisik dalam waktu singkat. Walaupun dengan biaya terbatas bagi pemerintah dan masyarakat mempunyai nilai tambah cukup tinggi yang langsung dapat dinikmati manfaatnya oleh masyarakat.” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan program ini sejalan dengan program nasional penanggulangan kemiskinan, dimana salah satu bentuk upaya penanggulangan kemiskinan adalah mengembangkan sarana dan prasarana pedesaan, meningkatkan kinerja manajemen pembangunan pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan masyarakat secara langsung dalam proses perencanaan pengambilan keputusan. “Pelaksanaan pengawasan dan pelestarian kegiatan. Melalui program TNI Manunggal Membangun Desa, diharapkan dapat membantu mempercepat penanggulangan kemiskinan di pedesaan, meningkatkan pelayanan, sarana dan prasarana desa sosial ekonomi termasuk pendidikan dan kesehatan. Serta meningkatkan kegiatan usaha produktif bagi masyarakat miskin.” jelasnya.

Baca Juga :
Jatim Siap Bersinergi Bersama NTB Kembangkan UMKM Untuk Motogp

Sejak dibuka secara resmi tanggal 16 Maret 2020 di tengah Pandemik Covid-19, anggota Satgas menyelesaikan sasaran fisik berupa pembukaan jalan baru dilanjutkan dengan rabat beton, pembangunan MCK dan pemasangan saluran air bersih (Pipanisasi). Prajurit bersama-sama masyarakat bersatu-padu bekerja bahu-membahu untuk menyelesaikan berbagai kegiatan pembangunan yang sangat diperlukan oleh masyarakat dengan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke 107 ini memiliki rasa tanggung jawab semangat dan disiplin yang tinggi, sehingga semua sasaran kegiatan dengan waktu yang sangat terbatas dapat dilaksanakan dengan baik. Saya harapkan agar apa yang dihasilkan pada kegiatan ini dipelihara dan terus ditingkatkan kualitasnya sehingga dapat dinikmati manfaatnya dalam jangka waktu yang lama.

Pada Pukul 09.30 Wita pernyataan penutupan TMMD Ke 107 TA. 2020 oleh Dandim 1609/Buleleng. Dilanjutkan dengan pembacaan Doa dan penandatanganan prasasti.

Diacara ini, dilakukan penyerahan 50 paket Sembako, 3 unit kunci rumah Program Bedah Rumah Kerjasama Buleleng Sosial Comunity (BSC) dengan Kodim 1609/Buleleng dan penyerahan kursi roda sebanyak 2 buah secara simbolis. Disamping itu juga dilaksanakan penyerahan 2 ribu masker dan Hand Sanitizer 2 box oleh Rektor Undhiksa Singaraja kepada Dandim 1609/Buleleng.

 

Editor : SUT

Leave a Comment

Your email address will not be published.