Cegah Kecemasan Masa Pandemi Covid-19, Diskes Denpasar Bersama Komunitas Teman Baik, Bagikan Tips Menjaga Diri Agar Tetap Sehat jiwa

Petugas Pelaksana Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Luh Gde Gresia Arselina.

Balinetizen.com, Denpasar-

 

Pandemi Virus Corona (Covid-19) tidak hanya mengancam kesehatan fisik namun juga kesehatan mental. Bahkan semenjak meluasnya infeksi Covid-19 yang menjangkit semua negara di dunia menimbulkan rasa cemas takut bahkan panik. Untuk hal tersebut Dinas Kesehatan Kota Denpasar bersama Komunitas Teman Baik  memberikan dukungan kesehatan jiwa dan psikososial (DKJPS) melalui 6 tips menjaga diri agar tetap sehat jiwa dimasa pandemi Covid-19.

Petugas Pelaksana Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Luh Gde Gresia Arselina, SKM mengatakan, 6 tips yang diberikan yakni pertama kenali Reaksi Wajar artinya sadari dalam kondisi situasi pandemi sesekali kita merasa cemas, khawatir, jengkel, lelah, pesimis adalah reaksi wajar. Namun reaksi emosi atau perasaan ini berubah seiring perubahan situasi dan perubahan aktivitas kita. Reaksi emosi yang menetap dalam waktu lama dengan upaya perubahan apa yang dipikirkan yang dilakukan bisa memicu gangguan mental.

Kedua Segera buat keseimbangan pola aktivitas yang baru dimana rencana pola kerja yang baru saat di rumah aja. Pilih 3 target tiap harinya untuk dilakukan selama seminggu misalnya tugas kantor/sekolah, tugas rumahan ataupun kegiatan santai, buatlah jurnal untuk aktifitas, jalankan hobi-hobi baru yang bisa dikerjakan di rumah dan bagikan aktivitas baru ini ke teman baik.

 Ketiga adalah sadari kebutuhan tidur kita artinya tetapkan waktu tidur di waktu yang serupa, hindari tidur siang karena akan membuat sulit tuidur saat malam, jauhkan gawai saat malam hari waktu tidur, relaksasi sebelum tidur dan refleksi diri tentang aktivitas harian kita hari ini.

Tips ke empat tetap terhubung dengan support system dimana physical distanching bukan emotional distancing, kontak dan terhubung dengan minimal 1 orang yang kita sayangi tiap harinya walau hanya dalam waktu singkat, pilih vidio call ataupun voice call dari pada chat biasa, curahkan apapun perasaanmu, bisa nonton film online bersama atau main  game online bersama teman baikmu

Baca Juga :
Mantan Dubes: Berkuasanya Taliban Belum Berdampak Bagi Indonesia

Tips ke lima batasi informasi artinya batasi penggunaan sosial media, pilih berita covid-19 hanya dari portal berita yang akurat dan terpecaya, batasi konsumsi berita Covid -19, ganti keinginananmu membaca berita dengan membaca buku dengan topik kesukaanmu. Dan keenam adalah hindari kompensasi negatif artinya hindari konsumsi alkohol dan rokok untuk mengatasi kebosanan atau reaksi cemas kita, hindari juga perilaku yang menyebabkan kecanduan seperti judi online, dan mencari layanan dukungan kesehatan jiwa dan psikososial.

Lebih lanjut Gresia mengaku tips yang diberikan Dinas kesehatan bersama Komunitas Teman Baik  berawal dari mau menyelenggarakan pogram dukungan kesehatan jiwa dan psikososial mengingat selama menangani pandemi Covid-19 semua lebih fokus pada pemeriksaan pasien. Namun masalah psikososial yang dihadapi masyarakat dan petugas kesehatan belum pernah yang konsen terkait itu. Dengan tips ini bisa bermanfaat mengingat dalam  Komunitas Teman Baik ada beberapa kumpulan psikolog, psikiator dan relawan terlatih termasuk dirinya sendiri. “Relawan terlatih itu telah dilatih untuk memberikan curhat one on one yang sudah dibuka pada 22 Maret tentang psikososial pada pasien yang terdampak Covid-19. Kami juga telah menangani 30 kasus pada curhat one on one, hal itulah dasar kami di Dinas Kesehatan  membuat kegiatan itu, “ ungkapnya .

Agar masyarakat bisa mendapatkan layanan  dukungan kesehatan jiwa dan psikososial pihaknya   akan mensosialisasikan di instagram Diskes Kota Denpasar. Kontak pesan yang bisa dihubungi oleh masyarakat umum, tenaga kesehatan, tenaga TNI, Polri, PMI maupun masyarakat yang sudah positif Covid-19, karena semua orang akan rentan dan mengalami kecemasan dan bisa menganggu aktifitas mereka. “Mereka bisa mengubungi nomor yang akan kami informasikan besok lewat instagram Dinas Kesehatan Kota Denpasar. Dengan mengubungi kontak pesan admin akan mengarahkan dengan memberikan form melalui whatsapp atau SMS. Agar bisa menentukan waktunya kapan bisa dihubungi oleh relawan yang terlatih karena konseling diberikan secara online,” ungkapnya.

Baca Juga :
Tumbuhkan Pendidikan Karakter, Kelurahan Peguyangan Isi Liburan Sekolah Dengan Pasraman Kilat 

 

Sumber : Humas Pemkot Denpasar

Leave a Comment

Your email address will not be published.