Tiga Hari, 74 PMI Jembrana Dipulangkan Setelah Mengikuti Karantina

Pelepasan PMI oleh Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan bertempat di Hotel Ratu , Kamis (30/4).

Balinetizen.com, Jembrana-

 

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana sudah memulangkan sebanyak 74 warga PMI. Semua warga PMI yang dipulangkan sudah selesai mengikuti karantina dan dinyatakan sehat.

Terbaru sebanyak 11 orang PMI yang dikarantina di Hotel Ratu serta 3 warga PMI di Hotel Jimbarwana diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing.
Pelepasan PMI oleh Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan bertempat di Hotel Ratu , Kamis (30/4).

Pemulangan warga PMI di Jembrana dibagi dalam tiga gelombang berbeda. Sebelumnya, pada Selasa (28/4) di Hotel Jimbarwana sudah dipulangkan sebanyak 18 orang, selanjutnya padal hari Rabu(29/4 ) sebanyak 42 warga PMI.

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan mengatakan dengan selesainya karantina tidak ada lagi stigma negatif yang ditujukan kepada PMI. Terlebih mereka warga Jembrana yang telah selesai menjalanii karantina selama 14 dan dibekali kartu keterangan sehat .

“Selain menyelesaikan karantina selama 14 hari, mereka juga telah menjalani rapid test sebanyak 2 kali yang hasilnya negatif. Pengecekan kesehatan juga dilakukan rutin saat dikarantina,” kata Kembang.

Kembang Hartawan memberikan apresiasinya karena hingga saat ini seluruh tahapan dan prosedur karantina dapat dijalani dengan baik dan disiplin .
” Apresiasi juga saya sampaikan kepada seluruh tim pengawasan baik dari TNI/Polri hingga security hotel . Terimakasih juga kepada manajemen hotel yang telah merelakan usahanya sebagai tempat karantina,” ujar Kembang.

Seperti sebelumnya, Kembang juga mengajak PMI sekembalinya dimasyarakat nanti mampu menjadi role model, terkait pencegahan corona dimasyarakat. Menurutnya, edukasi dan sosialisasi perlu dilakukan terus menerus , melibatkan semua pihak ,untuk bersama sama mengingatkan begitu bahayanya pandemi corona.

” Silakan pulang kerumah , tapi tetap laksanakan standar protokol kesehatan dan physical distancing. Lakukan edukasi mulai dari keluarga dirumah hingga lingkungan sekitar, ” kata Kembang.

Baca Juga :
Bupati Eka Bagikan Sembako Bagi Para Pemangku

Atas nama pemerintah daerah, Wabup Kembang juga menyampaikan permohonan maaf kepada warga PMI atas penerimaan tidak lazim sejak tiba di Bali.

” Mohon dimaklumi sejak kedatangan harus menjalani rapid test dan dijemput menggunakan bus Pemda kelokasi karantina, bukan dijemput keluarga. Itu sudah kesepakatan dengan Gugus Tugas Provinsi bagi pekerja migran untuk memutus penyebaran Covid-19 di Bali.
Hasil penanganan saat ini mulai terlihat” paparnya.

” Patut kita syukuri sampai saat ini seluruh tahapan berjalan dengan baik. Seluruhnya dinyatakan negatif” pungkasnya.

 

Sumber : Humas Pemkab Jembrana

Leave a Comment

Your email address will not be published.