Perlukah Dilakukan Swab Tes Jika Selama Karantina Dua Kali Rapid Tes Hasilnya Negatif ?

Kepala Dinas Kesehatan, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama.

Balinetizen.com, Karangasem-

 

Setelah menjalani karantina rumah selama 14 hari, ratusan warga Padangkerta Kaler kini bisa bernafas lega.

Pasalnya setelah dilakukan Rapid tes untuk yang kedua kalinya pada Rabu (13/05/2020) seluruhnya menunjukkan hasil negatif.

Tentu saja, hasil tersebut menjadi kabar baik bagi warga dan tokoh masyarakat setempat dimana dengan negatifnya hasil tes kedua serta 14 hari masa karantina telah terlewati warga bisa beraktivitas seperti biasa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan melaksanakan fisikal dan sosial distancing.

“Dengan hasil negatif, maka karantina wilayah selesai dan lanjut tetap melaksanakan sosial dan phisical distancing serta berprilaku hidup bersih dan sehat, selalu cuci tangan pakai sabun dalam air mengalir dan selalu gunakan masker,” ujar Kepala Dinas Kesehatan, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama dikonfirmasi sebelumnya.

Namun disisi lain timbul pertanyaan apakah hasil Rapid tes itu sudah cukup, apakah tidak diperlukan lagi Swab tes untuk memastikan seseorang yang menjalani karantina sudah terbebas dari Covid-19, …?

Berkaitan dengan hal tersebut, dikonfirmasi pada Kamis (14/05/2020), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama menjelaskan bahwa masa inkubasi terpanjang SARS-Cov-2 adalah selama 14 hari dimanan rata-rata 5 sampai 6 hari sejak kontak dengan orang yang positif Covid-19.

Dengan hasil Rapid tes pertama negatif kemudian setelah 14 hari berikutnya hasil Rapid tes kedua juga negatif, kemudian selama 14 hari karantina tidak ada keluhan dan disiplin mengikuti protokol kesehatan. Dengan demikian kecil kemungkinan terinfeksi virus sehingga SWAB tidak diperlukan.

“Sesui dengan protokol, dengan demikian kecil kemungkinan terinfeksi virus sehingga SWAB tidak diperlukan,” terang Putra Pertama.

 

Editor : SUT

Baca Juga :
Setiap Pekan, Manusia Konsumsi Plastik Seberat Kartu Kredit

Leave a Comment

Your email address will not be published.