Wabup Kembang Hartawan Ajak Desa Adat Bersiap Songsong Tatanan Hidup Baru

Avatar
Bantuan diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan yang juga selaku pembina Tim Covid-19 Umat Hindu Jembrana.

Balinetizen.com, Jembrana-

 

Wujud kepedulian dalam mengatasi pandemi Covid-19, Tim Peduli Covid-19, Minggu (22/6) Umat Hindu Jembrana kembali menyalurkan puluhan sembako kepada para pemangku Pura Dang Kahyangan dan Kahyangan Jagat di Jembrana.

Penyerahan bantuan dilakukan di dua lokasi yakni di Wantilan Pura Puseh Desa Adat Baluk, Kecamatan Negara dan di Wantilan Pura Puseh Desa Adat Tuwed, Kecamatan Melaya. Bantuan diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan yang juga selaku pembina Tim Covid-19 Umat Hindu Jembrana.

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan mengajak masing masing desa adat bersiap menyongsong akan dimulainya new normal atau tatanan hidup baru.

Kembang Hartawan yang juga wakil ketua I Gugus Tugas Covid-19 Jembrana juga meminta kesiapan masing-masing Parahyangan dibawah Bendesa maupun Majelis Desa Adat untuk tetap memperhatikan ketentuan protokol Covid-19.

“New normal artinya kita melaksanakan tatanan hidup dengan kebiasaan baru. Bukan berarti pandemi ini sudah selesai. Karena itu protokol Covid-19 tetap kita jalankan. Misalnya wajib area cuci tangan bagi pemedek hendak masuk pura. Selain itu jarak duduk bagi umat yang hendak sembahyang juga diatur. Saya lihat itu sudah diterapkan di Mertasari, semoga dapat menjadi contoh bagi desa adat yang lain,” tandasnya.

Selaku pembina Tim Peduli Covid-19 Umat Hindu Jembrana, Kembang Hartawan seusai penyerahan bantuan sembako juga mengajak para pemangku untuk bersama-sama mendoakan agar pandemi Covid-19 ini akan segera berakhir.

“Saya harap dalam situasi pandemi saat ini mari kita terus berdoa agar pandemi ini segera nikal (berlalu)” ujarnya

Kembang Haryawan juga berharap para pemangku di sela-sela pangubaktiannya selalu mendoakan kesehatan dan keselamatan masyarakat Jembrana agar merasa aman dan tentram. Disamping itu pemangku juga harus tetap mengikuti protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya dengan selalu menggunakan masker, rajin cuci tangan dan tetap jaga jarak.

Baca Juga :
Tujuh Jam Berjibaku, Vila di Pendem Ludes Terbakar

Terkait bantuan sembako yang disalurkan kepada para pemangku, Sekretaris Tim Peduli Covid-19 Umat Hindu Jembrana, Gede Parwata mengatakan bahwa bantuan sembako yang disalurkan langsung di dua tempat yang berbeda kepada para pemangku Pura Dang Khayangan dan Kahyangan Jagat di Jembrana.

“Ada 63 paket sembako yang dibagikan. Selama kegiatan kita tetap memperhatikan protokol kesehatan” ujarnya.

Titik pertama kita bagikan di Wantilan Pura Puseh Desa Baluk, dan menyusul dititik kedua yaitu di Wantilan Pura Puseh Tuwed. “Kita serahkan secara langsung. Semoga bantuan kecil ini bisa memberikan manfaat bagi para pemangku,”ujar Parwata.

Parwata menambahkan, bahwa bantuan yang diberikan itu merupakan bantuan dari para donatur yang terhimpun dalam Tim Peduli Covid-19 Umat Hindu Kabupaten Jembrana.

Tim Peduli Covid-19 Umat Hindu Jembrana yang terdiri dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI), Peradah, Yayasan Dharma Sentana serta Bendesa Adat Kabupaten di Jembrana. “Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian dari kami Tim Peduli Covid-19 Umat Hindu kepada para pemangku Dang Kahyangan dan Kahyangan” pungkasnya.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.