Sekda Adi Arnawa Terima Kepala BPS Badung

Avatar
Sekda Adi Arnawa saat menerima Kepala BPS Kabupaten Badung Ni Putu Minarni didampingi Kasubag Data pada BPS Badung Yulianto di Ruang Kerja Sekda, Selasa (23/6). 

Balinetizen.com,Mangupura-

Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menerima Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Badung Ni Putu Minarni didampingi Kasubag Data pada BPS Badung Yulianto di Ruang Kerja Sekda, Selasa (23/6). Pertemuan ini bertujuan untuk menyampaikan laporan capaian Sensus Penduduk 2020 Online di Kabupaten Badung.

Kepala BPS Badung I Putu Minarni menyampaikan secara umum aparat dan masyarakat Badung dalam  merespon untuk sadar dengan pendataan online yang berbasis IT sangatlah tinggi. Hingga akhir periode pendataan, tercatat partisipasi masyarakat Kabupaten Badung dalam Sensus Penduduk 2020 Online mencapai 54 % menempati posisi ke 2 dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali, dengan jumlah partisipasi sebanyak 284.869 penduduk di Kabupaten Badung yang telah melakukan pendataan secara mandiri melalui laman sensus.bps.go.id.

Dikatakan capaian ini berkat dukungan dari pemerintah dan masyarakat Badung disamping juga beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam upaya meningkatkan partisipasi penduduk ini diantaranya memberikan sosialisasi akan adanya program nasional Sensus Penduduk 2020 secara online ke sekolah sekolah, OPD, Desa, bahkan hingga ke tingkat Banjar Dinas. Disamping itu juga memberikan pendampingan ke OPD, instansi vertikal, kelompok PKK, Sekaa Teruna Banjar, Kantor Desa, siswa-siswi sekolah dari SD sampai SMA serta mahasiswa, untuk ikut mengisi sensus Online. Dan BPS Kabupaten Badung juga menyesuaikan sosialisasi setelah adanya pandemi, dengan mengadakan kelas pendampingan secara online via Whatsapp Group.

Menurut Minarni hasil ini akan disosialisasikan kepada camat se- Kabupaten Badung dan bagi masyarakat yang belum berpartisipasi akan dilaksanakan kegiatan pendataan sessus penduduk pada bulan September. “Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung beserta masyarakat Badung sudah mensuport BPS dalam pendataan secara IT online serta senantiasa menyambut baik dan mendukung program nasional yang selalu kita laksanakan 10 tahun sekali ini. Dan kami mohon dukungannya pada bulan September mendatang untuk pendataan kembali melalui mekanisme pendataan lapangan menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19. Partisipasi dan dukungan dari semua pihak masih sangat kami butuhkan,” katanya.

Baca Juga :
Strategis, Peran KIM Dalam Memberi Informasi Kepada Masyarakat

Sementara itu Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada BPS terkait langkah-langkah yang telah dilakukan BPS dalam pendataan secara IT dan online. “Kami mohon kedepannya BPS bisa melaksanakan pendataan tersebut dengan kiat -kiat dan strategi baru agar penyempurnaan dalam pendataan penduduk secara online yang berbasis IT di lapangan ini bisa lebih akurat dan nantinya itu bisa berguna bagi kita semua” jelasnya.

Diakhir pertemuan Kepala BPS Putu Minarni menyerahkan Buku Laporan Capaian Sensus Penduduk 2020 Online  Kabupaten Badung yang diterima langsung oleh Sekab. Badung I Wayan Adi Arnawa.

Sumber : Humas Pemkab Badung

Leave a Comment

Your email address will not be published.