585 PMI Asal Jembrana Sudah Selesaikan Masa Karantina, 18 orang Positif

Keterangan foto: Sebanyak 622 warga PMI (Pekerja Migran Indonesia) asal Kabupaten Jembrana yang sudah pulang kampung/MB

Jembrana (Balinetizen.com) –

Sampai saat ini sebanyak 622 warga PMI (Pekerja Migran Indonesia) asal Kabupaten Jembrana yang sudah pulang kampung.

Sejak kebijakan karantina hotel dijalankan 15 April lalu tercatat ada 585 warga PMI yang sudah dipulangkan karena dinyatakan sehat, baik dari hasil rapid maupun swab negatif dua kali berturut-turut.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana, dr. I Gusti Agung Putu Arisantha mengatakan kebijakan karantina hotel bagi warga PMI untuk memutus matarantai penyebaran virus Corona (Covid-19) sebelum kembali kekeluarga masing-masing. Karantina dilaksanakan selama 14 hari kedepan terhitung sejak PMI datang.

“Saat ini masih ada 19 orang PMI yang sedang menjalani karantina di dua hotel berbeda” ujar Arisantha, Selasa (7/7).

Jumlah itu kemungkinan akan bertambah. Karena masih ada warga Jembrana yang bekerja di luar negeri dan belum pulang ke Jembrana.

Sejak pelaksanaan karantina kata dia, total ada 18 orang PMI dinyatakan positif Covid-19. Dari 18 orang itu, 17 orang diantaranya dinyatakan sembuh dan sudah pulang ke rumah masing-masing. Sedangkan satu orang masih dirawat di ruang isolasi RSU Negara.

Warga PMI ini berasal dari Desa Nusasari, Kecamatan Melaya. Warga PMI karantina hotel ini dinyatakan positif dari hasil test swab yang keluar tanggal 3 Juli lalu.

Dengan penambahan ini jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 sebanyak 44 orang. Dari jumlah ini sebanyak 32 orang sudah dinyatakan sembuh. Sehingga yang masih dirawat di RSU Negara sebanyak 12 orang

Ke-12 orang itu diantaranya, 1 dari Desa Berangbang, 5 dari Desa Kaliakah, 1 dari Desa Yehembang Kauh, 1 dari Desa Yeh Sumbul, 1 dari Desa Dangin Tukadaya, 1 dari Desa Candikusuma, 1 dari Desa Yehembang dan 1 dari Desa Nusasari.

Baca Juga :
Jaya Negara Ngaturang Bhakti Piodalan Pura Lokanatha Lumintang Denpasar

Sementara itu Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan seusai melakukan peninjaauan ke lokasi karantina PMI di Hotel Jimbarwana berharap seluruh jajaran gugus tugas menjalin koordinasi yang baik dengan semua pihak sehingga seluruh tahapan karantina PMI bisa terselesaikan dengan baik.

Dalam kunjungannya itu, Wabup Kembang Hartawan berpesan agar seluruh PMI peserta karantina dapat menjaga diri dan kesehatannya dengan baik.

“Tetap Semangat, selesaikan seluruh tahapan karantina dengan baik. Disiplin dan terapkan himbauan pemerintah dengan baik, demi kesehatan diri sendiri, keluarga dan masyarakat” pesan Kembang Hartawan. (Komang Tole)

Editor: Hana Sutiawati

Leave a Comment

Your email address will not be published.