New Normal, Pedagang dan Pembeli Tak Pakai Masker Dipulangkan

Avatar
Sejumlah pasar di Kabupaten Jembrana dijaga petugas dari Gugus Tugas Covid-19.
Balinetizen.com, Jembrana –
Pemerintah Provinsi Bali mulai hari ini memberlakukan new normal (tatanan era baru). Di Kabupaten Jembrana menyambut new normal sejumlah pasar dijaga petugas dari Gugus Tugas Covid-19.
Disetiap pintu masuk pasar dijaga petugas diantaranya dari Sat Pol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perindagkop, BPBD, pecalang dan dari unsur Kepolsian dan TNI.
Di Pasar Umum Negara misalnya. Di pasar terbesar di Jembrana ini Gugus Tugas Covid-19 Jembrana memasang tiga posko terpadu di lokasi berbeda yakni pintu masuk disisi utara, barat dan selatan pasar.
Penerapan protokol kesehatan  diberlakukan bagi setiap warga yang hendak masuk ke pasar, termasuk para pedagang. Mereka yang kedapatan tidak memakai masker dipulangkan.
Petugas juga memeriksa suhu tubuh dengan menggunakan termometer. Warga juga diminta untuk mencuci tangan ditempat cuci tangan yang telah disediakan.
Kadis Prindagkop Jembrana Komang Agus Adinata mengatakan dengan telah diberlakukannya new normal mulai hari ini (Kamis), pihaknya juga memberlakukan sanksi bagi warga maupun pedagang yang kedapatan tidak memakai masker saat hendak masuk pasar.
“Sanksinya tidak boleh masuk pasar, jadi dipulangkan. Sakni ini kita berlakukan mulai hari ini” ujar Agus Adinata, Kamis (9/7).
Pemberlakuan protokol kesehatan menurutnya berlaku di semua pasar, termasuk pasar tradisional bersinergi dengan aparat desa dan kelurahan, pecalang dan Satgas Gotong Royong yang ada disetiap desa maupun kelurahan.
Sedangkan bagi luar Jembrana lanjutnya, ketentuannya sama seperti sebelumnya yakni membawa surat keterangan rapid test dengan hasil non reaktif.
“Bagi yang tidak membawa (hasil rapid test non reaktif) tidak boleh berjualan. Langsung kita pulangkan” tandasnya.
Warga maupun pedagang termasuk pedagang yang dari luar Jembrana dengan suhu tubuh lebih dari 37 derajat celcius, selain tidak boleh masuk pasar juga akan dibawa ke pelayanan kesehatan guna memastikan apakah terjangkit Covid-19 atau tidak.
Sementara di Pasar Jembrana dan Pasar Umum Negara terdapat 5 orang pembeli dipulangkan karena tidak memakai masker. Tiga orang di Pasar Jembrana dan dua orang di Pasar Umum Negara. (Komang Tole)
Baca Juga :
Kisah di balik lagu "12 Tahun Terindah" milik BCL

Leave a Comment

Your email address will not be published.