Siaga Karhutla, Dibentuk 30 Satgas Masyarakat Peduli Api Di Banyupoh

Avatar
Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) cegah Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) di Kantor Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali pada Selasa (21/7/2020).

Balinetizen.com, Buleleng-

 

Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) cegah Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) di Kantor Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali pada Selasa (21/7/2020).

Pembentukan MPA, dihadiri Kapolsek Gerokgak Jajaran dari Polres Buleleng Kompol Made Widana, SH bersama Bhabinkamtibmas Desa Banyupoh, Kepala Dinas KLH Propinsi Bali di Wakili Kepala UPTD Ir. I Ketut Suardika, M.M., Camat Gerokgak Made Juartawan, S. STP, MM., Danramil Gerokgak Kapten Inf Gede Oka., Perbekel Desa Banyupoh Ketut Bijaksana, Perbekel Desa Pemuteran, Kasat Gas Polhut KPH Bali Utara beserta 7 orang anggota.

“Kegiatan melibatkan tokoh masyarakat ini, bertujuan untuk meningkatkan kesiapan masyarakat Kecamatan Gerokgak dalam menghadapi kebakaran Hutan dan Lahan.” ucap tegas Kapolsek Widana seijin Kapolres Buleleng.

Dengan terbentuknya 30 satgas MPA, Kapolsek Widana memberikan materi sosialisasi Karhutla. Terutama terkait pencegahan dan sosialisasi Karhutla juga sosialisasi.”Terobosan kreatif, Saya Ini Polisi Buleleng (Si Poleng) Ngayah.” seloroh Kapolsek Widana sambil senyum.

Menurutnya sosialisasi ini dilakukan, untuk mengingatkan warga desa agar tidak membakar hutan dan lahan. “Perbuatan membakar hutan dan lahan adalah melanggar hukum dan dapat diberikan sanksi kepada pelaku pembakaran.” tegasnya.

Terkait Si Poleng ngayah, lebih lanjut Kapolsek Widana menyampaikan bahwa salah satu program unggulan Polres Buleleng yakni ‘SI POLENG NGAYAH’. Progran ini, merupakan satu team dalam pelayanan masyarakat yang didalamnya terdiri dari pelayanan perpanjangan Surat Ijin Mengedmui (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Kartu Sidik Jari dan penerimaan laporan kehilangan barang.

Dijelaskan saat memasuki musim kemarau, perlu memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat. Agar bencana Nasional kebakaran hutan dan lahan tidak terulang lagi,” Kita cegah sedini mungkin dengan mempersiapkan kemampuan masyarakat peduli api, sehingga Hutan menjadi Lestari.

Baca Juga :
Nama Forum Masyarakat Peduli Desa Pengastulan Terancan Digugat Secara Hukum

”Kami mengajak warga binaan untuk peduli dengan lingkungan sekitar. Tak lain demi terciptanya rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat Kecamatan Gerokgak. Dan mengetahui terobosan kreatif Kapolres Buleleng” pungkas Kapolsek Widana.

 

Editor : SUT

Leave a Comment

Your email address will not be published.