Perda Penyelenggaraan Kesehatan, Wujudkan Krama Bali Sehat Berlandaskan Tri Hita Karana

Avatar
Gubernur Bali Wayan Koster.

Balinetizen.com, Denpasar-

 

Gubernur Bali Wayan Koster super serius menyiapkan sistem penyelenggaran kesehatan di Provinsi Bali guna menjamin kesehatan masyarakat yang merupaka salah satu hak mender rakyat.

Komitmen Gubernur ini tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 6 Thun 2020  Tentang Penyelenggaraan Kesehatan.

Dalam keterangan persnya, Senin (27/7/2020) Gubenur Koster menerangkan kesehatan merupakan hak dasar setiap Krama Bali yang harus dipenuhi dalam rangka pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru sehingga perlu penyelenggaraan kesehatan yang terarah, terprogram dan berkesinambungan.

“Penyelenggaraan kesehatan yang terarah, terprogram dan berkesinambungan sangat berperan dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat menuju terwujudnya kehidupan Krama Bali yang sehat,” kata Gubernur Koster.

Penyelenggaraan Kesehatan berdasarkan asas yang dijiwai oleh filosofi Tri Hita Karana yang bersumber dari kearifan lokal Sad Kerthi meliputi: terjangkau; adil; merata; berkualitas; transparan; akuntabel; profesional; dan berkelanjutan.

Penyelenggaraan Kesehatan bertujuan untuk: meningkatkan kualitas kehidupan Krama Bali melalui peningkatan derajat kesehatan; mengembangkan Penyelenggaraan Kesehatan Krama Bali yang terjangkau, merata, adil dan berkualitas.

Lalu  memberikan kepastian hukum bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dan bagi Faskes dalam Penyelenggaraan Kesehatan; dan mengembangkan sistem dan data base riwayat kesehatan Krama Bali berbasis kecamatan yang terintegrasi se-Bali.

Ruang lingkup Penyelenggaraan Kesehatan meliputi: sumber daya kesehatan; upaya kesehatan; tata kelola penyelenggaraan pelayanan kesehatan; informasi kesehatan; pengembangan penyelenggaraan pelayanan kesehatan; pembinaan dan pengawasan; penghargaan; dan peran masyarakat.

Sumber daya kesehatan meliputi: Faskes (Rumah Sakit; Puskesmas; Klinik; dan Griya Sehat); Sarana dan Prasarana Kesehatan; SDM; Perbekalan; dan Teknologi dan Produk Teknologi.Griya Sehat merupakan jenis Faskes Tradisional, yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan tradisional Bali dengan pendekatan secara menyeluruh dan alamiah (meliputi: fisik, mental, spiritual, sosial, dan budaya). (dan)

Baca Juga :
vivo V17 Pro Dukung Aktivitas Multitasking Harian

 

Editor : SUT

Leave a Comment

Your email address will not be published.