Layanan Kesehatan Hewan Sasar Peternak di Kecamatan Negara

Avatar
Puluhan warga dengan membawa ternak sapi, Rabu (12/8) pagi mendatangi tempat layanan kesehatan hewan di Banjar Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara.

Balinetizen.com, Jembrana-

 

Puluhan warga dengan membawa ternak sapi, Rabu (12/8) pagi mendatangi tempat layanan kesehatan hewan di Banjar Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara.

Layanan kesehatan hewan ini dilaksanakan Dinas Pertanian dan Pangan Jembraba, Bidang Kesehatan dalam upaya penyelamatan populasi sapi Bali dari serangan penyakit.

Selain mendapat suntikan vitamin, termasuk untuk sapi yang sedang bunting, juga diberikan obat cacing. Tidak hanya itu, petugas kesehatan hewan juga melakukan kawin suntik. Sapi yang dibawa peternak ke tempat layanan kesehatan kebanyakan jenis sapi Bali.

“Layanan kesehatan hewan ini sekaligus untuk mendata populasi sapi Bali di Jembrana” ujar Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan Kesmavet) pada Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, Wayan Widarsa, Rabu (12/8).

Selain itu lanjutnya, layanan yang dilajukan di lima kecamatan di Jembrana ini juga untuk menjamin kwalitas sapi Bali dan mencegah kepunahan sapi Bali akibat penyakit.

“Dari 49 ekor sapi tadi beberapa ada yang cacingan. Tadi langsung kita tangani” terang Widarsa.

Penyakit cacingan menurutnya umumnya terjadi pada sapi yang berumur tiga bulan keatas. Bahkan bisa terkena mencret darah yang biasanya pada kasus-kasus Oxydiosis.

Dalam kegiatan tersebut juga disosialisasikan agar peternak sapi tidak melakukan in breeding atau perkawinan satu darah karena bisa berpengaruh pada kwalitas sapi dan anakan sapi bisa menjadi kerdil serta rentan akan penyakit.

Sebelumnya layanan kesehatan hewan di laksanakan Kecamatan Melaya di Desa Manistutu dan Kecamatan Pekutatan di Desa Medewi.

Selanjutnya Kamis (13/8) akan dilaksanakan di Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo dan Jumat (14/8) di Desa Perancak, Kecamatan Jembrana. Melalui layanan kesehatan ini diharapkan kwalitas dan populasi sapi Bali bisa meningkat. (Komang Tole)

Baca Juga :
Cegah Penularan Covid 19, Klaster Pasar GTPP Denpasar Bentuk Posko Terpadu Di Pasar Rakyat

 

Editor : Mahatma Tantra

Leave a Comment

Your email address will not be published.