Kenakan Busana Adat Bali, Bupati Artha Pimpin Upacara Bendera HUT Provinsi Bali ke-62

Bupati Jembrana I Putu Artha bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT Provinsi Bali ke-62, Jumat (14/8) di Taman Pecangakan Negara.

Balinetizen.com, Jembrana-

 

Bupati Jembrana I Putu Artha bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT Provinsi Bali ke-62, Jumat (14/8) di Taman Pecangakan Negara. Bertindak sebagai Pemimpin Upacara I Komang Dhiyatmika yang bertugas sebagai Sekretaris di Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Jembrana.

Apel turut dihadiri juga Setda Kabupaten Jembrana, I Made Sudiada, para Asisten serta Kepala OPD Pemkab Jembrana. Pada peringatan kali ini peserta upacara mengenakan busana adat Bali. Tidak lupa dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan physical distancing guna untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Gubernur Bali Wayan Koster dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Artha mengatakan, visi pembangunan Provinsi Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru, mengandung makna menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya.

“Untuk mewujudkan kehidupan krama Bali sejahtera dan bahagia skala-niskala menuju kehidupan krama dan gumi Bali sesuai prinsip Trisakti Bung Karno, yakni Berdaulat secara Politik, Berdikari Secara Ekonomi, dan Berkepribadian dalam Kebudayaan Melalui Pembangunan Secara Terpola, Menyeluruh, Terencana, Terarah, dan Terintegrasi Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila 1 Juni 1945,” ujar Gubernur Koster.

Koster menambahkan, Bali Era Baru diwujudkan dengan menata secara fundamental dan komprehensif pembangunan Bali mencakup tiga aspek utama yaitu: alam, krama, dan kebudayaan Bali berdasarkan nilai-nilai Tri Hita Karana berakar dari kearifan lokal Sad Kerthi, yaitu: penyucian jiwa (Atma Kerthi); penyucian laut (Segara Kerthi); penyucian sumber air (Danu Kerthi); penyucian tumbuh-tumbuhan (Wana Kerthi); penyucian manusia (Jana Kerthi); dan penyucian alam semesta (Jagat Kerthi).

Sedangkan 5 visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” dilaksanakan melalui 5 Bidang Prioritas pembangunan Bali yang mencakup Bidang Pangan, Sandang, dan Papan, Bidang Kesehatan dan Pendidikan, Bidang Jaminan Sosial dan Ketenagakerjaan dan Bidang Adat, Agama, Tradisi, Seni dan Budaya serta Bidang Pariwisata. Kelima bidang prioritas ini didukung dengan pembangunan infrastruktur darat, laut, udara secara terintegrasi dan terkoneksi.

Baca Juga :
Bupati Tabanan Hadiri Perayaan Hari Ulang Tahun Paiketan Seka Teruna Adat Kota Tabanan

Koster mengatakan, guna mewujudkan visi pembangunan Bali dan demi keutuhan Bali, maka pembangunan Bali harus diselenggarakan secara terpola dan terintegrasi dengan pendekatan satu kesatuan wilayah, yaitu satu pulau, satu pola dan satu tata kelola.

Ia mengajak semua kepala daerah kabupaten/kota se-Bali dan semua pihak dengan menghilangkan egoisme sektoral dan egoisme wilayah.

Selain itu Koster juga berpesan dalam masa pandemi covid-19 yang masih berlangsung ini, untuk bersama-sama saling mengingatkan, saling menjaga dan saling melindungi dengan cara berdisiplin dan penuh rasa tanggung jawab melaksanakan protokon Tatanan Kehidupan Era Baru sesuai Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 3355 Tahun 2020 yaitun selalu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Seusai membacakan sambutan Gubernur Bali, Bupati Artha atas nama pribadi dan masyarakat Jembrana mengucapkan Selamat HUT Provinsi Bali yang ke-62.

Terkait arahan Gubernur Bali supaya tetap melaksanakan protokol kesehatan yakni menggunakan masker, jaga jarak serta selalu mencuci tangan, menurut Bupati Artha sudah dilaksanakan dengan baik di Jembrana.

“Jadi apa yang menjadi keinginan pusat dan provinsi sudah dijalankan dengan baik oleh masyarakat Jembrana sehingga kita mendapatkan hadiah berupa dana insentif daerah” tegasnya

Bupati Artha juga berpesan agar yang belum memasang bendera di depan rumah atau pertokoan supaya segera memasangnya. Karena di bulan Agustus ini bukan saja memperingati HUT Provinsi Bali, HUT Kota Negara juga memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI yang ke-75. (Humas Pemkab Jembrana)

 

Editor : SUT

Leave a Comment

Your email address will not be published.