Dirgahayu Ambara Swari Gelar Parade Budaya Sekar Alit dan Sekar Agung lewat Aplikasi Zello, Cawali Ambara Berharap Adanya Kaderisasi

Avatar
Pendiri Dirgahayu Ambara Swari, Gede Ngurah Ambara Putra menggelar pembukaan "Parade Budaya Sekar Alit dan Sekar Agung" Jumat (30/9/2020) di Denpasar.

Balinetizen.com, Denpasar-

 

Dirgahayu Ambara Swari menggelar parade budaya dan lomba pesantian bertajuk “Parade Budaya Sekar Alit dan Sekar Agung” sebagai wadah pelestarian Adat dan Budaya Bali.”

Acara parade budaya dimulai Rabu 30 September 2020 digelar secara daring/online berbasis aplikasi Zello pada Channel “Dirgahayu Ambara Swari 5.” Acara pembukaan juga disiarkan melalui live daring/online di Zoom.

Sementara lomba Sekar Alit dan Sekar Agung digelar Jumat 2 Oktober 2020 di “Channel “Dirgahayu Ambara Swari 5” pada aplikasi Zello.

Pendiri Dirgahayu Ambara Swari, Gede Ngurah Ambara Putra di sela-sela pembukaan acara pada Rabu (30/9/2020) menuturkan, lomba pesantian bertajuk “Parade Budaya Sekar Alit dan Sekar Agung” bertujuan untuk menghasilkan kaderisasi Sekar Alit dan Sekar Agung.

Tak hanya itu, hal ini juga dilakukan agar adat budaya dapat dikembangkan dengan baik serta menjadi roh dalam tatanan bermasyarakat, berkembang dan majunya seni tradisional Sekar Alit dan Sekar Agung dan tercapai tingginya minat masyarakat terhadap seni tatembangan Sekar Alit dan Sekar Agung.

“Parade Budaya Sekar Alit dan Sekar Agung”
Parade ini dilaksanakan secara online berbasis aplikasi Zello yang memberikan kemudahan kepada masing-masing peserta untuk melakukan improvisasi dalam melantunkan Sekar Alit dan Sekar Agung,” kata Ambara.

“Kegiatan ini sifatnya parade dari masing-masing wilayah se-Kota Denpasar dari seluruh perserta lomba dan peminat seni tatembangan Sekar Alit dan Sekar Agung,” imbuh Ambara yang juga merupakan Calon Walikota Denpasar yang berpasangan dengan Calon Wakil Walikota Denpasar Made Bagus Kerta Negara (Paket Amerta).

 

Pria yang juga pengusaha money changer ini menuturkan lomba Sekar Alit dan Sekar Agung akan melibatkan peserta yang sudah mendaftarkan diri dari masing-masing wilayah, yang akan diatur waktu pelaksanaannya dari Dirgahayu Ambara Swari untuk keempat wilayah kecamatan se-Kota Denpasar.

Baca Juga :
Rabu Besok, Anggota DPR Bowo Sidik Jalani Sidang Perdana di Pengadilan Tipikor Jakarta

Panitia penyelenggara akan menetapkan dewan juri yang akan melakukan penilaian dari seluruh peserta yang terdaftar di wilayah masing-masing kecamatan.

Dari seluruh peserta akan dicari juara I, II, III, Harapan I, Harapan II dan Harapan III dari masing-masing kategori yang dilombakan. Apabila tidak memungkinkan dari peserta yang mengikuti katagori tertentu untuk mendapatkan Juara Harapan I, II dan III, maka hanya akan di ambil Juara I, II dan III saja.

Masing-masing kategori lomba, yang mendapatkan Juara I, akan dipakai sebagai wakil peserta yang akan di lombakan pada tingkat Provinsi.

Ambara menjelaskan, secara sederhana, pagelaran seni budaya adalah sebuah kegiatan menunjukkan eksistensi daripada seni budaya tradisional. Kegitan ini merupakan ajang untuk menunjukkan kemampuan dalam mengembangkan dan memajukan seni budaya.

Selain itu, dengan kegiatan tersebut, pihaknya belajar untuk menghargai jasa para pelaku seni dan pecinta budaya asli bangsa Indonesia sebagai aset kebudayaan nasional yang bernilai luhur. Dalam pagelaran inipun mengangkat seni tatembangan Bali yang mulai surut peminat di tengah masyarakat.

Dengan kegiatan itu pula, pihaknya akan mendapatkan banyak masukan, baik berupa ide maupun kritik terhadap seni dan budaya kita yang masih perlu digali.

“Dengan demikian , kita dapat memperbaiki kelemahan kita sekaligus memacu kita untuk semangat hidup berbudaya dalam tatanan bermasyarakat dan bersosial,” pungkas Ambara sangat sangat serius pada upaya pelestarian seni budaya Bali ini.

Acara parade budaya ini juga melibatkan Widyasabha Kota Denpasar, Widyasabha masing-masing kecamatan se-Kota Denpasar, para pembina dari masing-masing Widyasabha kecamatan se-Kota Denpasar dan pecinta seni budaya khususnya Sekar Alit dan Sekar Agung. (dan)

 

Editor : SUT

Leave a Comment

Your email address will not be published.