HUT TNI Ke-75 TNI, Kodim 1609/Buleleng Gelar Bakti Sosial Donor Plasma Konvalesen dan Paket Sembako

 

Balinetizen.com, Buleleng

Serangkaian HUT TNI ke 75 di Kabupaten Buleleng dilakukan acara bakti sosial di RSAD Wirasatya Singaraja, berupa Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen Kodam IX/Udayana, penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Penyintas Covid-19 di Buleleng, pemberian paket sembako serta penyerahan secara simbolis bantuan rehab rumah bagi masyarakat kurang mampu.
Acara bakti sosial yang terlihat secara kekeluargaan ini, dibuka langsung Dandim 1609/Buleleng, Letkol Inf. Muhammad Windra Lisrianto, SE, M.IK pada Sabtu (3/10/2020). Dan tampak hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG bersama istri, Ny. Ida Ayu Wardhani Sutjidra, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, SH dan Ketua Komisi IV DPRD Buleleng Luh Hesti Ranitasari, Forkopimda Kabupaten Buleleng, serta beberapa perwakilan dari Pimpinan SKPD Kabupaten Buleleng.
Dari pantauan metrobali.com, tampak terlihat puluhan penyintas COVID 19 di Buleleng bersedia melakukan donor plasma konvalesen. Penyintas COVID 19 ini adalah orang yang pernah dinyatakan positif COVID 19 dan sudah dinyatakan sembuh setelah mendapatkan hasil swab negative. Sebelum melakukan donor plasma konvalesen, mereka ini, terlebih dahulu menjalani screening di RSAD Singaraja.
“Dilakukannya proses screening, untuk mengukur antibodi dari penyintas COVID 19 serta guna mengetahui apakah yang bersangkutan terjangkit penyakit lain seperti HIV dan penyakit-penyakit lainnya. Mengingat donor Plasma Konvalesen dapat menyembuhkan pasien yang terinfeksi COVID 19. Karena, ada beberapa pasien dengan gejala berat dan kritis terbantu dengan adanya terapi plasma konvalesen ini. Dan kalau titer antibodinya tinggi, itu sudah memenuhi syarat. Proses memisahkan sel darah dengan plasmanya ini dilakukan di Denpasar. Karena ini sangat efektif sekali seperti uji coba yang sudah dilakukan di Jakarta” demikian dikatakan Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra,Sp.OG disela-sela acara kegiatan.
Sementara itu Dandim 1609/Buleleng, Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto mengatakan donor darah Plasma konvaselen ini digelar oleh KODIM 1609/Buleleng serangkaian dengan HUT ke-75 TNI. Dan iapun menyampaikan apresiasinya terhadap para relawan donor plasma konvalesen. “Kita akan terus mendukung upaya-upaya pemutusan mata rantai penyebaran covid-19 khususnya di Kabupaten Buleleng. Mereka para pendonor pernah terpapar, namun dengan imunitas tubuh yang bagus akhirnya bisa sembuh. Artinya sudah bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasanya dan bisa menolong rekan-rekan lain yang masih terkonfirmasi positif COVID 19,” tandasnya. GS

Baca Juga :
Gelar Lawatan Ke Praha, Wagub Cok Ace Bahas Potensi Kerjasama Antara Bali dan Ceko

Leave a Comment

Your email address will not be published.