Reses Bersama Barisan Perempuan Tangguh, Srikandi PSI Emiliana Sri Wahjuni: Mereka Tampil Lebih dari Pemenang Hadapi Pandemi

Foto: Kegiatan reses Anggota Komisi IV DPRD Kota Denpasar dari PSI Emiliana Sri Wahjuni  bersama para “Perempuan Tangguh.”

Balinetizen.com, Denpasar

“Wonder Woman” tidak hanya ada dalam dunia film. Para perempuan hebat, perempuan tangguh yang tetap tegar dan kuat menghadapi pandemi Covid-19 yang memukul berbagai aspek kehidupan termasuk ekonomi adalah “Wonder Woman” di dunia nyata.

Setidaknya para perempuan hebat ini mampu menjadi ” pahlawan” atau “superhero” untuk keluarga dalam ikut menopang dan menjaga daya tahan perekonomian keluarga dengan berbagai cara kreatif seperti menjadi wirausaha walau masih tergolong pemula bahkan dadakan.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Denpasar dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Emiliana Sri Wahjuni lantas tergerak untuk terus merangkul para perempuan hebat ini dalam komunitas “Perempuan Tangguh Kota Denpasar.”

Bahkan “Perempuan Tangguh” ini dijadikan tema khusus yang diangkat dalam kegiatan reses selaku Anggota DPRD Kota Denpasar. Acara reses bersama “Perempuan Tangguh” ini digelar Rumah Kreatif Emiliana Sri Wahjuni, di Kerta Dalam Mansion, Desa Sidakarya, Denpasar, Jumat sore (30/10/2020) sebagai bagian reses hari terakhir yang telah digelar selama tiga hari sejak Rabu (28/10/2020).

“Para ‘Perempuan Tangguh’ ini tetap tegar dan kuat di tengah pandemi Covid-19. Mereka tampil lebih dari pemenang hadapi pandemi,” kata Emiliana Sri Wahjuni yang dalam kesempatan reses ini juga mengajak para ibu-ibu perempuan tangguh ini bergembira bersama dengan membuat video Tik-Tok.

“Hati yang gembira adalah obat di tengah pandemi Covid-19,” imbuh Srikandi Komisi IV DPRD Kota Denpasar yang membidangi kesehatan, pendidikan, pemuda dan olahraga, pemberdayaan perempuan, sosial dan tenaga kerja, kebersihan dan pertamanan, pariwisata dan lain-lain ini.

Tetap Semangat Hadapi Pandemi

Baca Juga :
Messi jadi pesepakbola dengan trofi terbanyak sepanjang sejarah

Srikandi PSI yang juga Sekretaris Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar ini mengungkapkan sengaja menggelar reses hari terakhir dengan para perempuan tangguh karena dirinya ingin perempuan yang terdampak pandemi Covid-19 tetap bersemangat.

Emiliana Sri Wahjuni mengaku membuatkan hastag khusus #Perempuan Tangguh, untuk membakar semangat dan menggelorakan spirit bahwa perempuan harus kuat dan bertahan di tengah pandemi Covid-19. Mereka harus percaya bahwa pandemi Covid-19 ini pasti berlalu.

“Sangat ingin mereka tetap bersemangat, bergembira dan percaya bahwa segala sesuatu pasti ada akhirnya,” ujar Anggota DPRD Kota Denpasar Dapil Denpasar Selatan dari PSI ini.

Dirinya melalui Rumah Kreatif Emiliana Sri Wahjuni, di Kerta Dalam Mansion, Desa Sidakarya ini juga menyediakan ruang berkreativitas dan program-program pemberdayaan bagi perempuan mulai dari perempuan milenial, ibu-ibu hingga lansia.

Misalnya yang beberapa hari lalu digelar adalah workshop bertajuk “Langkah Jitu Memilih Jenis Usaha Bagi Pemula.”  Workshop yang diikuti generasi muda (milenial) hingga para ibu-ibu ini menghadirkan pembicara Rudyanto Wibisono yang merupakan pengusaha dan trainer.

“Kalau mereka (para perempuan) butuh training tentang kecantikan atau ketahanan pangan, ketahanan ekonomi di keluarga, saya siap bantu mereka,” tutur Emiliana Sri Wahjuni.

Serap Aspirasi “Sahabat Senior”

Sebelumnya pada reses Kamis siang (29/10/2020) melibatkan para warga lansia (lanjut usia) yang oleh Emiliana Sri Wahjuni disebut sebagai “Sahabat Senior” dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 dengan ketat.

Reses kali ini juga menjadi ajang Emiliana Sri Wahjuni selaku Wakil Ketua Pansus Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perlindungan Lansia DPRD Kota Denpasar untuk menyerap aspirasi para lansia atau “Sahabat Senior” guna dimasukkan dan ditindaklanjuti juga dalam penyempurnaan dan pembahasan Ranperda ini.

Baca Juga :
AWK Berikan Beri Dukungan Semangat Kepada Pegiat Anti Narkoba GANNAS

“Saya senang bisa reses bersama para Sahabat Senior dan menyerap aspirasi terkait Ranperda Perlindungan Lansia. Mereka perlu tahu hak-haknya sebagai senior,” kata Emiliana Sri Wahjuni.

Sejumlah aspirasi yang disampaikan lansia dalam kesempatan reses ini seperti bagaimana kesehatan dan kesejahteraan mereka agar diperhatikan. Salah satunya mereka berharap ada progam khusus BPJS Kesehatan gratis bagi para lansia.

Selain itu diharapkan ada wadah berkreativitas dan beraktivitas para lansia, semacam rumah kreatif lansia yang diharapkan ada di tiap-tiap kecamatan di Kota Denpasar.

Dalam kesempatan reses ini Srikandi PSI yang juga Sekretaris Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar ini juga memberikan motivasi agar para “Sahabat Senior” ini tetap semangat dan bisa tetap beraktivitas di tengah pandemi Covid-19. Seperti lirik lagu Tulus, para lansia ini sebenarnya merupakan “manusia-manusia kuat.” (dan)

Leave a Comment

Your email address will not be published.