Balitbang Tinjau Implementasi Pengembangan Desa Wisata Baha

Keterangan foto: Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Badung I Wayan Suambara bersama pejabat struktural dan fungsional melakukan kunjungan ke Desa Wisata Baha Kecamatan Mengwi, Jumat (20/11)/MB

Mangupura, (Balinetizen.com) –

Dalam upaya melihat langsung implementasi pengembangan Desa Wisata di Desa Baha, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Badung I Wayan Suambara bersama pejabat struktural dan fungsional melakukan kunjungan ke Desa Wisata Baha Kecamatan Mengwi, Jumat (20/11). Pengembangan Desa Wisata Baha mendapat pendampingan dari Program Pasca Sarjana Universitas Mahasaraswati yang dikoordinir oleh Dr Ketut Sumantra.

Menurut Suambara dari hasil kunjungan tersebut ada beberapa catatan yang disampaikan antara lain dalam pengembangan Desa Wisata Baha harus memiliki master plan, luas kawasan, zonasi pengembangan, menjaga kelestarian sawah, saluran irigasi, jogging track dan infrastruktur. Disamping itu juga agar menjaga kesucian sumber mata air tempat penglukatan/mandi yang berlokasi di titik akhir rute Taman Beji Manik Segara.

Diharapkan dalam pengembangan Desa Wisata Baha ini terjalin kerjasama yang rukun antara desa dinas, desa adat, subak dan masyarakat yang lahannya berada dalam kawasan perencanaan desa wisata.

“Saat ini pengunjung belum dikenakan biaya masuk melainkan hanya sumbangan sukarela, sehingga ke depan perlu dipikirkan adanya biaya masuk untuk operasional pengelolaan serta manfaat ekonomis lainnya bagi masyarakat,” kata mantan Kepala Bappeda ini.

Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut Perbekel Baha, Bendesa Adat Baha serta Ketua Badan Pengelola Desa Wisata Baha. RED

Baca Juga :
Wabup. Suiasa Terima Kunjungan Kedubes Inggris, Bangun Kerjasama Untuk Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat

Leave a Comment

Your email address will not be published.