Pelipatan Su-Su Rampung, 700 Lebih Su-Su Rusak Diganti

Keterangan foto: Ketua KPU Jembrana Ketut Gde Tangkas Sudiantara/MB

Jembrana (Balinetizen.com) –

Surat suara (Su-Su) Pilkada Jembrana 2020 rampung dilipat. Dalam proses pelipatan dan sortir Su-Su ini, KPU Jembrana merekrut sekitar 25 orang sebagai tenaga melipat maupun sortir.

Dari proses pelipatan dan sorti ini ditemukan sebanyak 768 lembar Su-Su rusak seperti salah potong, bercak noda dan tembus hingga ke belakang.

Menurut Ketua KPU Jembrana Ketut Gde Tangkas Sudiantara surat suara yang rusak sudah diganti oleh pihak percetakan PT Temprina, tempat surat suara dicetak sekaligus selaku pemenang lelang.

Total surat suara lanjutnya ada 2.536 surat suara dengan rincian 768 sebagai pengganti surat suara yang rusak ditambah kekurangan pengiriman sebanyak 2.536 surat suara.

Pengganti surat suara langsung diambil ke Denpasar bersama Bawaslu Jembrana dan dua orang LO (penghubung) dari masing-masing tim pemenangan pasangan calon (paslon).

Karena lanjutnya, Rabu (25/11) kemarin di tempat percetakan juga dilakukan pemusnahan sebanyak 1.124 surat surat karena salah cetak dan 14 lembar plat cetak surat suara. Pemusnahan plat cetak dimaksudkan sebagai antisipasi supaya surat suaranya tidak dicetak lagi.

“Nanti untuk 768 surat suara yang rusak itu akan dimusnahkan tanggal 1 Desember” ujar Tangkas dikonfirmasi, Kamis (26/11).

Disebutnya surat surat pengganti langsung dicetak kemarin dan pihaknya tidak menemukan surat suara yang rusak. Pelipatan dan penyortiran surat suara disaksikan anggota Bawaslu Jembrana.

Mulai kemarin pihaknya juga melakukan penyampulan surat surat suara sesuai dengan DPT dan TPS ditambah 2,5 persen serta logistik laimnya kendati beberapa logisti belum datang semua seperti sarung tangan. MT

Baca Juga :
Dukung OTSUS Mahasiswa Papua-Yapen Harap Kedepan Dikelola Dengan Baik

Leave a Comment

Your email address will not be published.