“Sharing” Soal Kearsipan, DPRD Badung Terima Kunjungan DPRD Provinsi Maluku Utara

Ketua Bapemperda DPRD Badung menyerahkan cenderamata kepada DPRD Maluku Utara saat berkunjung ke DPRD Badung, Selasa (1/12/2020).

Balinetizen.com, Mangupura-

 

DPRD Provinsi Maluku Utara, Selasa (1/12/2020) mengunjungi DPRD Badung. Selain bersilaturahmi, tujuan kunjungan untuk sharing soal kearsipan dan perpustakaan karena DPRD Maluku Utara tengah merancang Perda Kearsipan dan Perpustakaan.
Rombongan dipimpin oleh Wahda Zainal Iman yang juga Wakil Ketua DPRD Maluku Utara dan Ketua Bapemperda Sofyan Daud serta sejumlah anggota seperti Feri Leasiwal, HM Amin Drakel, Makmurdin, H. Djasmin Rainu,  Ibrahim M. Saleh, Rusihan Jafar, Sukardi Syamsudin, dan Alwia Ismat Albaar. Sementara di DPRD Badung, rombongan diterima Ketua Bapemperda I Nyoman Satria bersama Kabid Pelayanan dan Pelestarian Arsip Dewa Yoga Tangkeban.

Dalam sambutan selamat datangnya, Nyoman Satria memperkenalkan terlebih dahulu profil Badung yang diisi 28 orang dari PDI Perjuangan, 7 orang dari Partai Golar, 2 orang dari Demokrat, 2 orang dari Gerindra serta satu orang dari Partai Nasdem. “Secara keseluruhan, anggota DPRD Badung berjumlah 40 orang,” ujar peraih suara terbanyak di DPRD Badung tersebut dengan raihan di atas 21.000 suara.

Terkait dengan kearsipan, ujar politisi PDI Perjuangan Dapil Mengwi tersebut, Badung saat ini dilengkapi dengan depo arsip dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya.  Saat ini, ujarnya, Badung sudah memiliki perda yang mengatur soal kearsipan yakni Perda 22 Tahun 2013 serta Perbup 44 tahun 2018. “Perda dan perbup inilah menjadi panduan dalam menjalankan tugas-tugas kearsipan dan perpustakaan di Kabupaten Badung,” tegas Nyoman Satria sambil menucapkan terima kasih kasih kepada DPRD Maluku Utara yang telah menjadikan Badung sebagai objek kunjungan.

Sementara Ketua Rombongan DPRD Maluku Utara Wahda Zainal Iman mengungkapkan, saat ini DPRD Maluku Utara sedang merancang ranperda soal kearsipan dan perpustakaan. Untuk itu, pihaknya memerlukan bahan perbandingan sehingga perlu melakukan sharing ke daerah lainnya.

Baca Juga :
Presiden Jokowi Resmikan SPKLU Ultra Fast Charging Pertama di Indonesia

Wahda Zainal mengungkapkan, saat ini Kearsipan dan Perpustakaan Badung merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. “Karenanya, tak salah jika kami berkunjung ke Kabupaten Badung untuk melakukan sharing,” tegasnya. Setelah mendapatkan penjelasan panjang lebar dari Kabid Pelayanan dan Pelestarian Arsip Dewa Yoga Tangkeban, rombongan langsung melakukan kunjungan lapangan ke Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Badung serta lanjut ke Depo Arsip Badung. Namun sebelum kunjungan lapangan, acara diakhiri dengan tukar-menukar cenderamata antara DPRD Maluku Utara dan DPRD Badung serta sesi foto bersama.

 

Editor : SUT

Leave a Comment

Your email address will not be published.