Dukungan ke Bangsa semakin masif, Parpol Lawan Berbalik arah Menangkan Bangsa

 

Balinetizen.com, Jembrana

Gelombang dukungan terhadap Calon Bupati I Made Kembang Hartawan yang berpasangan dengan I Ketut Sugiasa sebagai Calon Wakil Bupati Jembrana semakin masif. Beberapa partai yang sebelumnya mendukung paslon nomor urut 2 ( Tamba- Ipat ) , kini terang –terangan berbalik arah mendukung paket Bangsa, yang diusung partai PDI Perjuangan dan Partai Hanura di Pilkada Jembrana 2020. Sebelumnya , Partai Perindo dan Partai Bulan Bangsa hengkang dari koalisi Jembrana Maju ( KJM ) yang mengusung Paket Tepat (Tamba-Ipat ) ditandai dengan diserahkannya rekomendasi mendukung Paket Bangsa .
Teranyar , giliran PKPI ( Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia ) ikut pindah gerbong dan balik mendukung paslon nomor urut 1. Dukungan yang sama juga dari PAN . Meski secara organisasi partainya mendukung paslon nomor 2, tapi secara keanggotaan , beberapa struktur partai dibawah terang –terangan menjatuhkan pilihan mendukung paket Bangsa.

PKPI yang sebelumnya tergabung dalam Koalisi Jembrana Maju (KJM) dengan nendukung Paket Tepat (Tamba-Ipat) menjelang berakhirnya masa tahapan kampanye menyatakan keluar dan berbalik arah mendukung paslon Paket Bangsa (Kembang-Sugiasa).

Dukungan dari PKPI tentu saja menambah solid Paket Bangsa yang diusung PDI-Perjuangan dan Partai Hanura dalam Pilkada Jembrana 2020.
Ketua DPC PKPI Jembrana Nengah Suardana saat dikonfirmasi, Kamis (3/12) membenarkan pihaknya bersama pengurus partai lainnya mendukung Paket Bangsa (Kembang-Sugiasa).

Bahkan pihaknya sudah bertemu dengan calon Bupati I Made Kembang Hartawan. Dukungan tersebut bukan saja secara lembaga atau kepartaian juga oleh kader dan simpatisan lainnya.

“Kami tidak saja mendukung juga siap memenangkan Paket Bangsa” ujar Suardana .

Tak hanya mendapat dukungan dari parpol ,kerja politik dan sosialisasi program Paslon nomor urut satu , terus mendapat sambutan baik dimasyarakat . Tidak hanya karena programnya dirasa nyata namun dari segi kualitas calon saat tampil dalam dua kali debat yang diselenggarakan KPU Jembrana . Paket Bangsa dinilai unggul dan lebih menguasai materi serta permasalahan.
Antusiasme masyrakat itu juga terbukti , ketika paslon nomor urut satu turun dimasyarakat . Padahal beberapa wilayah tadi nota bene merupakan kandang lawan . Seperti , di Kelurahan tegalcangkring yang juga asal dari Ipat, cawabup dari paslon nomor urut 2.
Antusiasme serupa , saaat paket Bangsa menggelar kampanye di beberapa wilayah Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, yang notabene wilayah tempat tinggal Cabup Tamba. Dari kegiatan kampanye di Kaliakah itu, sambutan masyarakat setempat tidak kalah dengan sambutan masyarakat di Tegal Cangkring. Begitu juga saat menggelar kampanye di daerah pesisir, seperti di Banjar Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, beberapa hari lalu.
Tak hanya dari masyarakat , amunisi dukungan untuk paslon nomor urut satu juga datang dari musisi Jembrana . Mereka berasal dari lintas genre ,usia , generasi serta etnis saling berkolaborasi.Sebanyak 15 vokalis dari band lokal memberikan dukungan dan ajakan memilih paket bangsa lewat lagu berjudul ” Bangsa Pilihanku”.

Baca Juga :
Ricuh, Demo Memprotes UU Kewarganegaraan Baru di New Delhi

Lagu “Bangsa Pilihanku” untuk Jembrana berkembang hebat menuju era baru, merupakan garapan lirik dari beberapa vocalis yakni Agung Zdenk, Mr. rayen, Mang Dedik (Md.Gimbal), Jering Pengkola dan juga Nata Vana, yang kemudian dikomposisi menjadi satu.

Menurut Made Puja Yana vokalis dari Made Gimbal Band, mengatakan kreatifitas dalam bentuk kolaborasi lintas musisi ini murni gerakan hati nurani. Ia juga membantah ada tekanan atau paksaan dalam berkreasi . ” Semuanya spontanitas tidak ada paksaan atau ada janji-janji politik dalam bentuk apapun. Kami merasa di perhatikan saat beliau menjabat di berikan ruang untuk berekspresi sehingga karya-karya kami juga di kenal dan sukai oleh masyarakat. Jadi sudah sewajarnya kami para musisi lokal untuk mendukung beliau berjuang memperoleh kepercayaan dari masyarakat menjadi Pemimpin Jembrana ke depan ” tandasnya. (Komang Tole)

Leave a Comment

Your email address will not be published.