Pelabuhan Bias Munjul Susul Pelabuhan Sampalan, Batu Pertama Diserahkan Menhub Kepada Bupati Suwirta

Avatar
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.

Balinetizen.com, Klungkung-

 

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menerima Batu Pertama dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia (RI) Ir. Budi Karya Sumadi sebagai simbolis tanda dimulainya Pembangunan Pelabuhan Penyebrangan Bias Munjul, Nusa Ceningan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Batu itu diserahkan oleh Menhub saat Peletakan Batu Pertama Pembangunan Laut Sanur di Pantai Matahari Terbit Sanur, Denpasar Sabtu (12/12/2020). Turut hadir Gubernur Bali I Wayan Koster, Wali Kota Denpasar Jaya Negara, Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra serta instansi terkait lainnya.

Pelabuhan Bias Munjul ini merupakan salah satu dari tiga pelabuhan yakni Pelabuhan Sampalan dan Pelabuhan Laut Sanur yang pembangunannya didanai dari Dana Pusat dengan anggaran Rp.105 Miliar dan dirancang selesai tahun 2022 mendatang. Sebelumnya juga sudah dilaksanakan Peletakan Batu pertama Pembangunan Sampalan, Nusa Penida oleh Menhub pada bulan Agustus lalu.

Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan Republik Indonesia (RI) Ir. Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pihaknya akan benar-benar mengawal penuh segala proses pembangunan pelabuhan ini kedepan. Langkah itu dilakukan agar proses pengerjaannya bisa selesai tepat waktu. Menurutnya Bali merupakan destinasi wisata yang memang harus dikembangkan. “Dengan adanya pelabuhan ini bisa menjadi pelengkap untuk penunjang saat wisatawan mengunjungi Nusa Penida,” ujarnya

Selain itu, Menhub juga menambahkan melalui pembangunan pelabuhan ini nantinya akan menjadi konektivitas yang baik. Ditengah situasi pendemi pihaknya berharap seluruh masyarakat tetap mengikuti dengan baik segala peraturan penggunaan Protokol Kesehatan (Prokses) dengan sebaik-baiknya.

Gubernur Bali I Wayan Koster berharap dengan pembangunan pelabuhan ini nantinya bisa bermanfaat bagi perekonomian masyarakat. Pihaknya juga bersyukur dan mengucapkan rasa terimakasih kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Perhubungan RI atas terealisasinya proses pembangunan pelabuhan ini. Menurutnya Nusa Penida merupakan wilayah yang sangat sakral dengan daya tarik distinasi wisata dan taksunya yang kuat. “Dengan adanya pelabuhan ini akses transportasi laut juga sangat diharapkan bisa lebih mudah dilalui baik masyarakat maupun saat wisatawan ingin berkunjung ke Nusa Penida,” ujarnya.

Baca Juga :
Bupati Sanjaya Apresiasi Kemajuan BUMDes Desa Senganan, Penebel

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta tidak henti-hentinya mengucapkan rasa terimakasih berkat dukungan Bapak Gubernur Bali lewat koordinasi dengan Bapak Presiden dan Menteri Perhubungan (RI) akhirnya dapat merealisasikan pelabuhan ini. Pihaknya juga berharap pembangunan pelabuhan dua diantaranya yang berada di Nusa Penida dapat berjalan lancar dan selesai pada target penyelesaian. “Mohon doa dan dukungan dari masyarakat semua. Semoga segala proses pembangunan pelabuhan ini bisa berjalan dengan lancar dan selesai pada target penyelesaian,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga menambahkan dengan adanya dukungan ini dari pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Pusat untuk kedepan Kabupaten Klungkung bisa menjadi mandiri secara bertahap. “Pembangunan bisa terwujud jika pemerintah, masyarakat dan pihak swasta bersatu padu menggali potensi Nusa Penida yang memiliki anugrah alam yang luar biasa,” harap Bupati Suwirta.(humasklk/puspa).

 

Sumber : Humas Pemkab Klungkung

Leave a Comment

Your email address will not be published.