Usung Potensi Budaya dan Kearifan Lokal Jadi Tema HUT PDIP Ke-48 di Bali

Avatar

 

Balinetizen.com,Denpasar  –

HUT Ke-48 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diperingati dengan menyesuaikan situasi pandemi. Ada 48 tumpeng sebagai simbol perjalanan partai berlambang Banteng Moncong Putih itu. 47 tumpeng akan dibagikan kepada masyarakat dan 1 tumpeng utama dibuat sesuai warna Kebangsaan, Merah Putih.

Di DPD PDIP Provinsi Bali, peringatan digelar mulai Januari hingga bulan Juni yang menjadi bulan Bung Karno. Ketua Koordinator Umum Dewa Made Mahayadnya menjelaskan, ada 9 rangkaian kegiatan yang akan diadakan. Kegiatan yang ada dibuat dengan mengedepankan kearifan lokal di Bali yang dikemas secara kekinian.

Kegiatan selama 6 bulan kedepan itu, kata Dewa Made Mahayadnya mencerminkan Pergub dan Perda yang diterbitkan oleh pemerintah Provinsi Bali melalui Gubernur Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.

“Kita memiliki banyak produk-produk lokal, contohnya kopi Bali yang hampir di setiap daerah ada produk itu. Maka, kita mengajak generasi milenial ikut dalam lomba Barista Kopi Bali. Kita akan bangkitkan produk daerah,” jelas Mahayadnya di Kantor DPD PDIP Provinsi Bali, Minggu, 10 Januari 2021.

Selain itu, produk kearifan lokal Bali yang juga diangkat yakni, Arak Bali. Mahayadnya mengatakan, panitia telah menyiapkan lomba membuat cocktail berbahan dasar Arak Bali.

Lomba lain meliputi, Cerdas Cermat Susastra Bali, Lomba Desain Kreatif Motif Endek Bali, Lomba Desain Kreasi Busana Adat Pakem Bali, Lomba Website Aksara Bali, Bakti Sosial Pembersihan Danau, Mata Air, Sungai dan Laut, Bakti Sosial Bantuan kepada Siswa dan Mahasiswa Yatim Piatu yang berprestasi dan Atraksi Pengobatan Tradisional Bali.

Dewa Mahayadnya menambahkan, dalam kegiatan itu juga akan diundang 27 balian atau penekum spiritual Bali. Mereka terdiri dari Balian Mantra atau penyembuh supranatural, Balian Loloh atau penyembuh dengan metode ramuan dan Balian Fisik atau penyembuh yang memiliki kemampuan menyembuhkan penyakit fisik.

Baca Juga :
Asetku Ajak Masyarakat Cermat Memilih Fintech P2P Lending

“Itu semua merupakan kearifan lokal yang ada di Bali dan kegiatan ini adalah cara kita merayakan hari ulang tahun partai,” jelasnya.

Secara nasional, HUT PDIP Ke-48 akan memecahkan rekor Dunia MURI untuk kategori pembuatan tumpeng terbanyak di Indonesia sebanyak 1.632 tumpeng dan peserta Zoom meeting terbanyak yakni, 365.500 partisipan.

“Jadi setiap DPD di 34 provinsi masing-masing membuat 48 tumpeng yang nantinya akan dibagikan ke masyarakat sebanyak 47 tumpeng,” kata Dewa Mahayadnya.

Sementara, jumlah partisipan Zoom meeting dari Bali sebanyak 16.000 orang. Dijelaskan Dewa Mahayadnya, setiap DPC mendelegasikan 1.000-2.000 orang.

Pewarta : Hidayat

Leave a Comment

Your email address will not be published.