Pisah Sambut Kabasarnas

Seremoni pisah sambut Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito kepada penggantinya, Marsda TNI Henri Alfiandi,  di Jl Angkasa Blok B 15 Kav. 2-3 Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (5/2/2021).

 

Balinetizen.com, JAKARTA –

Suasana haru menyelimuti markas Korps Baju Orange di Jl Angkasa Blok B 15 Kav. 2-3 Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (5/2/2021).
Seremoni pisah sambut Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito kepada penggantinya, Marsda TNI Henri Alfiandi menjadi momentum yang emosional.
Acara pisah sambut diawali dengan passing in parade (penyambutan) di lobi Gedung Basarnas. Kabasarnas purna mengalungkan untaian bunga kepada Kabasarnas yang baru. Selanjutnya, menuju Ruang Serba Guna Lantai 15 Gedung Basarnas. Acara diawali dengan penayangan kaleidoskop Kabasarnas purna dilanjutkan sekapur sirih.
Dikatakan, momentum perpisahan memang tidak mudah. Sulit untuk diungkapkan.
“Saya speechless untuk mengungkapkannya. Namun, ini semua harus kita lalui dengan jiwa yang besar. Kita tidak boleh takut untuk kehilangan. Tapi, kita harus melepaskan tanpa disertai penyesalan,” terangnya.
Pria asal Purwokerto itu mengucapkan “selamat” kepada juniornya sebagai pemangku estafet Kabasarnas.
“Saya percaya, beliau akan membawa Basarnas ke arah yang lebih baik dan lebih baik lagi…” katanya.
Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito berharap, Basarnas ke depan dapat lebih hebat lagi.
“Selamat tinggal dari saya adalah doa, agar Kabasarnas yang baru dan seluruh pegawai di lingkungan Basarnas senantiasa mendapatkan kesuksesan, pundi-pundi prestasi, dan pintu kebahagiaan lainnya di masa-masa yang akan datang. Yang pasti, saya bangga menjadi keluarga besar Korps Baju Orange yang saya cintai ini,” ungkapnya.

Diakhir sambutan, Kabasarnas purna menyampaikan pantunnya.
“Operasi SAR harus sepenuh hati,
Walaupun musibah selalu terjadi,
Kadang lisan ini menyakiti,
Namun maafmu yang aku nanti.

Naik kuda pergi ke sawah,
Rujak timun dicampur nanas,
Secara raga kita berpisah,
Namun jiwa kami tetap Basarnas.”

Baca Juga :
Pemerintah Jamin Keamanan, Mutu dan Khasiat Vaksin Covid-19

Selanjutnya pesan dan kesan oleh Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan, Mayjen TNI Bambang Suryo Aji; Kepala Kantor SAR Jakarta, Hendra Sudirman; Komandan BSG , Charles.

Dan terakhir, Kabasarnas yang baru menyampaikan ucapan terima kasih dan menaruh respect yang tinggi atas capaian-capaian seniornya selama menjabat Kabasarnas.
“Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan dan meningkatkan lagi kinerja Basarnas di masa yang akan datang,” katanya.
Dirinya juga meminta dukungan seluruh pegawai di lingkungan basarnas untuk mewujudkan ekspetasinya tersebut.
Usai acara pisah sambut, dilaksanakan passing out parade (pelepasan) Kabasarnas purna, beserta Ketua DWP di lobi Gedung Basarnas. Kabasarnas baru mengalungkan untaian bunga kepada Kabasarnas purna.
Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito bersama istrinya tak kuasa membendung air matanya saat melewati parade pasing out dari pegawai Basarnas. Tepat pukul 11.35 WIB, Kabasarnas purna beserta istri meninggalkan Kantor Pusat Basarnas.
Selamat jalan Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito.
Selamat datang Marsda TNI Henri Alfiandi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.