Inovasi TOSS Gema Santi menjadi bahan ATM PT. POMI 

Balinetizen.com, Klungkung

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Pemkab Klungkung I Ketut Suadnyana menerima Kunjungan  dari rombongan PT POMI yang dipimpin ahmad Zaini bertempat di TOSS Center Karangdadi, pada Minggu (7/3/2021).

Turut mendampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Klungkung I Made Jati Laksana dan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung Anak Agung Gede Lesmana.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan bahwa Bangunan TOSS Center ini merupakan komitmen dirinya bersama dalam menangani permasalahan sampah yang ada di Kabupaten Klungkung.
Bupati Suwirta menerangkan tempat ini menjadi pusat pengolahan sampah di Perkotaan, dimana sampah sebelum masuk ke TOSS Center sudah mengalami proses pemilahan  dengan metode pemilahan sampah dari hulu.
Lebih lanjut Bupati Suwirta menyampaikan bahwa TOSS Center ini akan terintegrasi dengan Pusat Pembibitan dan tempat pelatihan baik itu dibidang pertanian maupun di bidang pengolahan sampah.
Bupati Suwirta juga menambahkan hasil pengolahan sampah TOSS Center ini yang berupa pelet dapat dimanfaatkan sebagai energi alternative yang dapat menghasilkan energy listrik.  Selain menjadi energi listrik,  penanganan terhadap sampah anorganik seperti sampah berbahan plastik untuk di Kabupaten Klungkung sudah bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI), sedangkan untuk pengolahan sampah organik dapat diolah dengan metode pencacah menjadi produk Kompos Ozaki (melalui metode sel sampah dan  gunungan terbuka), dan kompos Curah.
Bupati Suwirta berharap dengan adanya kunjungan ini dapat memberikan masukan bagi Inovasi TOSS agar dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Pimpinan Rombongan Ahmad Zaini  menjelaskan bahwa PT. POMI (Paiton Operation and Maintenance Indonesia) adalah Perusahaan Independent Power Producer (IPP) pertama dan merupakan perusahaan terbesar yang beroperasi di Indonesia dengan pusat di paiton jawa timur.

Saat ini PT.POMI memiliki tiga pembangkit listrik terbesar di Jawa Timur dan menyediakan daya listrik 2.045 MW untuk di kelola PT. PLN (Persero).

Baca Juga :
DPUPR Lakukan Tes Geoteknik, Sikapi Kembali Retaknya Ornamen Style Bali di Pasar Badung
Lebih lanjut, dirinya menyatakan tujuannya datang ke TOSS Center adalah terkait dengan keinginannya untuk melakukan pembelajaran mengenai pengolahan sampah dan seusai mendengar pemaparan dari Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Ahmad Zaini mengungkapkan keinginannya untuk Melakukan Amati Tiru Modifikasi (ATM) pada Inovasi TOSS Gema Santi tersebut dan  mengharapkan agar hasil ATM yang dilakukan dapat berguna bagi penanganan sampah di Kecamatan Paiton dan Kabupaten Probolinggo. (HUMASKLK/COK).

Leave a Comment

Your email address will not be published.