KSOP Jayapura Dan Polda Papua Bersinergi Optimalkan Program Tol Laut Papua

 

 Balinetizen.com,  PAPUA –

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Jayapura terus melakukan upaya-upaya optimalisasi program Tol Laut guna mencapai tujuan utama program Tol Laut yakni menekan disparitas harga di wilayah tersebut.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Jayapura (KSOP Kelas II Jayapura), Taher Laitupa mengatakan pihaknya selaku koordinator wilayah pelabuhan-pelabuhan di Provinsi Papua tentunya tidak bisa berdiri sendiri, namun harus ada koordinasi dan sinergi dengan pihak lain salah satunya Kepolisian Daerah (Polda).

“Oleh karena itu kami melakukan sosialisai dan audiensi Tol Laut dengan Kapolda Papua Irjen Pol. Matius Fakiri,” kata Taher, Senin (19/4).

Penyelenggaraan Tol Laut di Tanah Papua merupakan perwujudan salah satu Visi Poros Maritim Indonesia. Tol Laut di wilayah tersebut adalah Trayek T-19 dengan armada KM. Logistik Nusantara 2.

“Kehadiran Tol Laut selain menekan disparitas harga juga dapat meningkatkan komoditi produksi lokal dan meningkatkan perekonomian daerah. Semua terwujud jika semua pihak bergandengan tangan melakukan sinergi dan koordinasi,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolda Papua Irjen Pol Matius Fakiri mengungkapkan apresiasi atas terselenggarangan Tol Laut di Papua.

“Kami sangat mengapresiasi Program Nasional Presiden Joko Widodo yaitu Tol Laut yang dapat menjangkau daerah-daerah terisolir pada wilayah 3TP seperti di pegunungan Papua,” ujarnya.

Dia menegaskan pihaknya akan turut mendukung optimalisasi Tol Laut di Papua. Terutama dalam hal keamanan distribusi.

“Hal ini tentu dapat mendistribusikan pasokan logistik yang lancar bagi masyarakat yang membutuhkan dan dapat menurunkan diparitas harga yang terjadi Papua dan ikut terus mendukung proses penyelenggaraan Tol Laut tersebut di Papua,” tutupnya.

Baca Juga :
Masalah kesehatan jiwa jadi prioritas untuk membentuk SDM unggul

KEPALA BAGIAN ORGANISASI DAN HUMAS DITJEN PERHUBUNGAN LAUT

WISNU WARDANA
——————-
Twitter: @djplkemenhub151
Instagram: @djplkemenhub151
Tiktok: @djplkemenhub151
Youtube: Ditjen Perhubungan Laut
FB: Direktorat Jenderal Perhubungan Laut
Portal: https:/hubla.dephub.go.id

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut
Kementerian Perhubungan
Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat

Leave a Comment

Your email address will not be published.