Badung Raih Penghargaan SAKIP dan Reformasi Birokrasi dari Kementerian PAN RB

Avatar

Keterangan foto: Sekda Adi Arnawa saat menerima Penghargaan SAKIP dan Reformasi Birokrasi dari Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Kamis (22/4), di Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta/BN

Mangupura (Balinetizen.com) –

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) kembali menyerahkan hasil evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi (RB) dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah provinsi, kabupaten, kota tahun 2020, Kamis (22/4). Dalam acara yang bertajuk SAKIP RB Award 2020 tersebut, Badung berhasil meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP) atas kinerja Tahun 2020 dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) Tahun 2020 dari Kementerian PANRB. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa bertempat di Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta.

Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa usai menerima penghargaan mengatakan terkait hasil dari pemerintah pusat terhadap Pemerintah Kabupaten Badung dalam bidang evaluasi akuntabilitas kinerja pemerintah dan pelaksanaan reformasi birokrasi merupakan wujud apresiasi dan penghargaan kepada Kabupaten Badung yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya. Dikatakan hal ini juga menunjukkan bahwa walaupun dalam pandemi Covid-19, semangat dari pada kinerja Pemerintah Kabupaten Badung tidak pernah surut.

 “Kinerja kita jangan sampe surut dan berkurang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta kedepannya  kita harus sama-sama benahi dan perbaiki beberapa hal yang memerlukan perbaikan lebih lanjut,” ujarnya.

Terkait dengan hasil nilai evaluasi yang dicapai Pemkab Badung menurut Adi Arnawa untuk SAKIP tahun 2020 berhasil meraih predikat BB atau kategori baik dengan nilai 78.07, atau meningkat dari capaian nilai SAKIP Tahun 2019 yaitu77,90. Sedangkan untuk pelaksanaan Reformasi Birokrasi dengan indeks 72,78 atau predikat BB. Dengan capaian ini Sekda Adi Arnawa mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tetap meningkatkan kinerja. “Terkait dengan hal ini tentu saya atas nama Sekretaris Daerah bersama Kabag Organisasi berharap kepada seluruh OPD, agar momentum ini dijadikan untuk tetap meningkatkan kinerja kita bersama demi Kabupaten dan masyarakat Badung yang kita cintai,” pungkasnya.

Baca Juga :
Wagub Cok Ace Dukung Baliwood World Content Project Panels Secara Virtual

Sementara itu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan kegiatan penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah tahun 2020 merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah. Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memacu pemerintah daerah untuk semakin meningkatkan kualitas tata kelola pemerintah dan semakin meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran.

Dikatakan SAKIB RB AWARD 2020  tetap dilaksanakan secara rutin meskipun di tengah pandemi Covid-19.  Kegiatan kali ini dilaksanakan dengan perpaduan antara tatap muka langsung dan melalui daring. Pertemuan tatap muka tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Menurutnya melalui evaluasi , Kementerian PANRB menyusun profil instansi pemerintah berdasarkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran. RED-MB

Leave a Comment

Your email address will not be published.